Kesehatan

Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Mengatasi Peradangan Hingga Melawan Kanker

Sering dikenal sebagai bumbu dapur, kunyit ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Kompas.com
9 Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan 

TRIBUNPRIANGAN.COM, BANDUNG - Sering dikenal sebagai bumbu dapur, kunyit ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menurut Penelitian yang dilakukan Ahli gizi, Dawn Jackson Blatner, RDN, CDN, kunyit telah digunakan dalam pengobatan Tiongkok dan Ayurveda selama ribuan tahun untuk melawan peradangan dan merangsang kelancaran pencernaan.

"Setiap kali kita memiliki makanan berwarna cerah, kita tahu ada senyawa tanaman di sana yang melakukan sesuatu yang hebat. Dan kunyit adalah salah satunya." Demikian penuturan Dawn Jackson Blatner, RDN, seorang ahli diet dan penulis The Superfood Swap.

Ia juga menambahkan bahwa kurkumin adalah bahan utama di dalam kunyit yang dianggap dapat membantu melawan peradangan ringan hingga berat.

Baca juga: Manfaat Kunyit, Alternatif Pengobatan Radang Sendi Hingga Cegah Stres Pasca Trauma

Baca juga: 5 Manfaat Kunyit yang Terbukti Secara Ilmiah untuk Kesehatan

"Semua penyakit pada dasarnya dimulai dengan peradangan, dari radang gusi di mulut hingga penyakit jantung. Jadi, gagasan untuk memiliki satu sendok teh kunyit sehari mungkin merupakan hal yang baik," ungkapnya.

Manfaat kunyit untuk kesehatan Kunyit tampaknya tidak menyebabkan efek samping yang serius, meskipun pada dosis yang lebih tinggi dapat menyebabkan gangguan perut ringan (mual, diare, sakit perut).

Namun, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke praktisi kesehatan yang akrab dengan perawatan alami, karena kunyit dapat mengganggu obat-obatan tertentu.

Kesimpulannya, apakah mengonsumsi suplemen kunyit atau kurkumin dapat membantu meningkatkan kesehatan? Ya, tentu saja bisa.

Dilansir dari laman kompas.com, berikut adalah 10 manfaat kunyit untuk kesehatan yang perlu diketahui.

Baca juga: 5 Manfaat Kencur Bagi Kesehatan Tubuh

1. Kunyit melawan kanker tertentu

Sebuah tinjauan tahun 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Molecules menyimpulkan bahwa kurkumin mungkin memiliki potensi untuk melawan kanker tertentu.

Sejauh ini, sebagian besar penelitian telah dilakukan dalam studi in vitro.

Namun, penulis ulasan juga mencatat bahwa kurkumin telah terbukti mencegah atau memperlambat aktivitas sel tumor tertentu, termasuk kanker kulit, kanker pencernaan, dan banyak lagi.

Tentu saja, lebih banyak penelitian akan diperlukan untuk menentukan manfaat kunyit pada berbagai jenis kanker.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, DPW Nasdem Jabar Dorong Kaum Milenial Melek Politik

Halaman
123
Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved