Kesehatan

Punya Masalah Saat Datang Bulan? Berikut Sederet Manfaat Kunyit yang Bisa Membantu

Berikut Sederet manfaat kunyit yang yang Bisa Membantu, menangani masalah saat haid

Punya Masalah Saat Datang Bulan? Berikut Sederet Manfaat Kunyit yang Bisa Membantu
Instagram.com
Ilustrasi Kunyit

TRIBUNPRIANGAN.COM - Setiap bulan, wanita yang sudah mengalami pubertas mengalami menstruasi, yang mana kondisi tersebut adalah perdarahan uterus secara periodik yang disertai pelepasan endometrium.

Umumnya, durasi siklus menstruasi adalah terjadi selama 28 hari, dengan lama menstruasi adalah 4 hingga 6 hari, namun tak jarang juga wanita mengalami gangguan saat menstruasi, seperti haid yang tidak lancar, nyeri haid, dan semacamnya.

Oleh karena itu, tidak sedikit pula wanita yang mengonsumsi obat untuk melancarkan menstruasi, salah satunya dengan mengonsumsi kunyit.

Tanaman dengan nama ilmiah Curcuma longa ini adalah tanaman akar dengan warna mencolok dikenal sebagai salah satu bumbu dapur dengan manfaat yang luar biasa ampuh menangani banyak penyakit.

Baca juga: Punya Masalah dengan Lambung? Berikut 6 Manfaat Kunyit Hitam yang Diyakini Ampuh Atasi Mag

Baca juga: Sering Merasakan Kram Saat Menstruasi? Kunyit Hitam Bisa Jadi Solusi, Segera Simak Begini Caranya

Dilansir dari National Center for Biotechnology Information, kunyit memiliki aktivitas estrogenik yang serupa dengan salah satu hormon seks wanita yang penting dalam siklus menstruasi, yakni estrogen, dan alhasil, kunyit membantu wanita dalam menghadapi gangguan menstruasi.

Saat haid, beberapa wanita mungkin merasakan gejala seperti kram perut, pusing, suasana hati yang tak baik, hingga sembelit.

Baca juga: 10 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, Bisa Sebagai Penangkal Kanker hingga Jantung Koroner

Berikut ini penjelasan dari pada manfaat kunyit yang mampu memberikan manfaat untuk menangani hal tersebut dengan beberapa cara, yaitu:

  • Kunyit Memperlancar Siklus Menstruasi

Jika wanita mengalami menstruasi tak teratur, atau lebih dari 35 hari masa menstruasi, maka ia merasakan nyeri yang lebih parah dari biasanya.

Umumnya, aliran darah bisa lebih deras atau malah sedikit. Kunyit sebagai sumber estrogen yang baik untuk wanita bisa bertindak sebagai fitoestrogen.

Selain itu, kunyit memiliki sifat emmenagogue yang menstimulasi aliran darah di area panggul dan rahim.

Baca juga: Simak, 10 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, di Antaranya Dapat Mengatasi Penyakit Berat

  • Mengatasi Nyeri

Nyeri menstruasi adalah hal yang umum terjadi pada bagian perut, panggul, payudara, hingga punggung bawah, dan jika tidak segera diatasi, hal ini bisa mengganggu aktivitas.

Untungnya dalam kunyit terdapat sifat analgesik yang bisa mengurangi rasa nyeri saat sedang menstruasi, selain itu, kurkumin yang terkandung dalam kunyit juga bisa menghambat hormon yang menyebabkan rasa nyeri dan peradangan.

Baca juga: Ketahui ini 5 Manfaat Kunyit Hitam Bagi Kesehatan, Bisa untuk Penderita Kanker

  • Kunyit Membantu Atasi Kram Perut

Gangguan seperti kram perut juga merupakan salah satu hal yang sangat dihindari oleh wanita saat masa menstruasi, yang terjadi karena kontraksi yang kuat pada otot-otot rahim.

Kunyit yang memiliki sifat antispasmodik membantu meredakan gejala premenstrual syndrome atau PMS seperti kram perut atau nyeri haid.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved