Kesehatan

Khasiat Kunyit Hitam Bagi Penderita Penyakit Leucoderma atau Kelainan Pada Kulit

Khasiat Kunyit Hitam dapat menyembuhkan Penyakit Leucoderma, yang munculnya bercak pada kulit dan membuat penderita kehilangan warna kulit aslinya

pertanian.sragenkab.go.id
Ilustrasi Kunyit Hitam 

TRIBUNPRIANGAN.COM - Selama ini kita hanya mengetahui kunyit identik dengan warna kuning pekat, tapi ternyata ada juga lho jenis kunyit yang warnanya hitam sehingga disebut dengan kunyit hitam.

Kunyit, termasuk kunyit hitam, masih termasuk ke dalam keluarga jahe-jahean sehingga bentuknya terlihat mirip dengan jahe.

Kunyit hitam memiliki permukaan kulit berwarna cokelat dengan daging berwarna ungu kehitaman.

Baca juga: Apa Manfaat Kunyit Hitam? Segera Simak, Ternyata Ini Salah Satu Khasiatnya Bagi Kesehatan

Tanaman jenis rimpang dengan nama latin Curcuma caesia Roxb ini juga dikenal sebagai kali haldi dan sudah digunakan sebagai obat tradisional di beberapa negara, termasuk Asia Tenggara.

Kunyit hitam mengandung kamper, ar-turmerone, (Z)-ocimene, ar-curcumene, 1,8-cineole, elemene, borneol, dan bornyl asetat.

Kesamaan antara kunyit kuning, kunyit putih, dan kunyit hitam adalah sama-sama mengandung senyawa kimia kurkumin yang sangat baik untuk kesehatan.

Tanaman kunyit hitam yang punya segudang manfaat
Tanaman kunyit hitam yang punya segudang manfaat (Sumber : pertanian.sragenkab.go.id)

Tanaman dengan nama lain Black Turmeric ini umumnya tumbuh di daerah India Timur Laut dan Tengah, karena jumlahnya yang langka.

Banyak orang memalsukan kunyit hitam dan dijual dengan harga murah.

Layaknya seperti kunyit kuning, kunyit hitam diduga memiliki manfaat kesehatan atau sebagai obat, salah satunya bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit Leucoderma.

Leucoderma adalah kondisi ketika muncul tanda klinis pada kulit berupa perubahan warna kulit menjadi putih dan berselaput.

Baca juga: Benarkah Kunyit Dapat Mencegah Kambuhnya Penyakit Jantung Koroner? Simak Ini Faktanya

Kondisi ini biasanya terjadi akibat adanya gangguan kesehatan pada kulit, seperti vitiligo hingga lichen sclerosus.

Leucoderma dianggap sebagai de-pigmentasi kulit yang ditandai dengan lokalisasi atau penghancuran total melanosit di dalam tubuh.

Pembentukan karakteristik bercak putih pada kulit tetap terikat erat satu sama lain tidak seperti bercak yang terbentuk pada orang yang memiliki kelainan kulit.

 

Ilustrasi Penyakit Leukoderma
Ilustrasi Penyakit Leukoderma (Sumber : KompasHealty.com)

Para penderita Leucoderma sangat disarankan untuk mengonsumsi kunyit hitam sebagai terapi untuk mengurangi bercak pada kulitnya.

Selain itu, beberapa krim yang dijual bebas banyak yang mengandung kunyit hitam di dalamnya, juga bisa menemukan produk olahan dari kunyit hitam untuk mengurangi bercak putih karena leukoderma.

Kandungan antibakteri, antijamur dan antimikroba di dalam kunyit hitam efektif mengurangi gejala dan mempercepat kesembuhan. (*)

Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved