Breaking News:

Kesehatan

Benarkah Kunyit Dapat Mencegah Kambuhnya Penyakit Jantung Koroner? Simak Ini Faktanya

Cara Kerja Kunyit, dan Khasiat besarnya dalam mencegah kambuhnya penyakit jantung koroner

Kompas.com
Ilustrasi kunyit(shutterstock) 

TRIBUNPRIANGAN.COM - Kunyit, rempah yang tenar dalam dunia pengobatan herbal sejak dahulu kala. Ini manfaat kunyit untuk kesehatan, salah satunya menurunkan risiko penyakit jantung. 

Selain dikenal sebagai bumbu masakan di dapur, kunyit juga bisa diolah menjadi jamu yang lezat dan segar untuk diminum kapan saja. 

Fakta lainnya, kunyit juga banyak digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi beberapa penyakit. 

Mengutip dari Cleveland Clinic, khasiat kunyit terletak pada kurkumin. Asal tahu saja, kurkumin memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi. 

Baca juga: Manfaat Kunyit Dapat Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Baca juga: Sederet Manfaat Kunyit untuk Penderita Alzheimer Lanjut Usia

Melansir dari Medical News Today, berdasarkan data dari United State Departement of Agriculture (USDA), satu sendok makan bubuk kunyit mengandung:  29 kalori  O,91 gram protein  0,31 gram lemak  6,31 gram karbohidrat  2,1 gram serat  0,3 gram gula

Sebuah riset terbaru di Thailand menunjukkan, ekstrak dari bumbu kunyit, yang dikenal sebagai antioksidan dan anti-inflamasi, dapat membantu mencegah serangan jantung pada mereka yang telah menjalani operasi bypass.

Selama operasi bypass, otot jantung dapat rusak akibat kurangnya pasokan aliran darah sehingga meningkatkan risiko pasien mendapatkan serangan jantung.

Baca juga: Manfaat Kunyit Untuk Penderita Alzheimer, Cegah Pikun di Usia Senja

Namun, temuan baru yang dipublikasikan dalam American Journal of Cardiology, mengindikasikan bahwa kurkumin - pigmen kuning pada kunyit - dapat meringankan risiko tersebut ketika ditambahkan ke terapi pengobatan tradisional.

Wanwarang Wongcharoen, pemimpin studi dari Chiang Mai University, mengatakan, temuan yang dilakukannya masih dalam skala kecil dan harus dikonfirmasi dalam studi yang lebih besar.

Seperti yang diketahui, ekstrak kunyit telah lama digunakan dalam pengobatan China dan tradisional India, yang mana hasil penelitian ini menunjukkan peradangan memainkan peran penting dalam pengembangan berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung.

Baca juga: 8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Nomor 7 Direkomendasikan untuk Penghambatan Sel Kanker

"Dan kurkumin dapat menghambat proses peradangan tersebut," kata Bharat Aggarwal, yang mempelajari penggunaan kurkumin dalam terapi kanker di MD Anderson Cancer Center, Houston, Texas.

"Temuan ini sangat menggembirakan," tambahnya, yang tidak terlibat dalam riset tersebut.

Dalam kajiannya, peneliti mempelajari 121 pasien yang tidak dalam kondisi darurat pasca-menjalani operasi bypass di rumah sakit antara tahun 2009 dan 2011.

Setengah dari pasien diberi satu gram kapsul kurkumin sebanyak empat kali dalam sehari.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved