Kesehatan

Inilah Manfaat Kunyit yang Bisa Bantu Atasi Nyeri Haid

Secara ilmiah, para peneliti menemukan bahwa curcumin (senyawa utama yang terkandung kunyit) ternyata memang efektif mengatasi gejala PMS.

Kompas.com
Ilustrasi minuman kunyit(Thinkstockphotos) 

TRIBUNPRIANGAN.COM - Setiap wanita akan mengalami masa siklus haid setiap bulannya, setelah usia balig atau memasuki usia subur.

masa siklus yang dihadapi setiap wanita berbeda-beda pada umumnya, dan dalam siklus tersebut tak jarang para wanita sewajarnya akan mengalami suatu kondisi yang merubah perasaan mereka yang sangat peka terhadap lingkungan dan juga emosi yang tidak stabil.

keadaan tersebut sering diikenal dengan sebutan PMS atau syndrom pra-haid.

Sindrom pra-haid atau PMS terjadi karena perubahan hormonal, Kondisi ini sering menyebabkan perubahan mood, nafsu makan bertambah, hingga rasa nyeri pada payudara yang tentunya mengganggu aktivitas.

Baca juga: 6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Dapat Turunkan Kadar Gula Rendah

Baca juga: Begini Cara Tepat Konsumsi Kunyit untuk Mengatasi Asam Lambung

Seperti kita ketahui PMS kerap kali membuat wanita jauh lebih emosional dan kadang membuatnya tersiksa.

Secara ilmiah, para peneliti menemukan bahwa curcumin (senyawa utama yang terkandung kunyit) ternyata memang efektif mengatasi gejala PMS.

Kunyit sendiri memiliki nama lain Curcuma Longa, tumbuhan ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, terutama India, dan di Indonesia sendiri tumbuhan ini banyak ditemui di berbagai daerah.

Dalam tumbuhan kunyit terdapat curcumin yang merupakan kandungan senyawa aktif dalam kunyit yang berwarna kuning, senyawa inlah yang bisa membuat manfaat kunyit bagi kesehatan menjadi maksimal.

Kandungan aktif curcumin dipercaya sebagai antioksidan alami.

Baca juga: Kunyit Si Bumbu Dapur, Penyembuh Jerawat

 curcumin yang merupakan salah satu senyawa pada kunyit ternyata ampuh atasi gejala PMS (Sindrom Premenstrual).

Dalam penelitian terbaru, tim ahli mengungkap kaitan antara konsumsi curcumin dan pengaruhnya terhadap karakteristik emosi, fisik, dan gejala utama PMS, misalnya, lekas marah, cemas, sakit kepala, kram, kelelahan, dan kekurangan energi.

Setiap peserta mengonsumsi dua kapsul curcumin setiap hari selama tujuh hari sebelum menstruasi dan selama tiga hari setelah menstruasi.

Tim peneliti juga mencatat gejala yang mereka alami melalui kuesioner.

Selama tiga siklus haid berturut-turut, mereka melaporkan penurunan gejala yang signifikan, yang menunjukkan bahwa rempah ini efektif dalam mengatasi PMS.

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved