CPNS 2023

Kemenpan RB Informasikan Penerimaan CPNS 2023, Kejaksaan RI Butuh 592 Formasi

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia pastikan penerimaan CPNS akan dilaksanakan pada 2023 mendatang. 

TribunNews.com
Para CPNS dan PPPK Guru lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin saat menerima SK pengangkatan, Jumat (8/4/2022). Kemenpan RB mengumumkan bakal ada penerimaan CPNS 2023. 

TRIBUNPRIANGAN.COM - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB) Republik Indonesia menginformasikan bahwa akan dibuka Penerimaan CPNS 2023. 

Sementara untuk waktu pendaftaran, Kemenpan RB belum memastikan kepastian jadwal penerimaan dan tesnya.

Begitu juga untuk formasi yang diperlukan dalam penerimaan CPNS 2023.

Pada September 2022, Asisten Deputi Perancangan Jabatan, Perencanaan, dan Pengadaaan SDM Aparatur Kementerian PAN-RB, Aba Subagja dalam Rapat Koordinasi APKASI bersama KemenPAN RB mengungkapkan adanya penerimaan CPNS 2023.

"Kapan merekrut CPNS? Insya Allah tahun depan, kami juga akan mengalokasikan jabatan-jabatan ASN tertentu," jelas Aba Subagja, (21/9/2022) dikutip dari kanal YouTube Apkasi Official.

Baca juga: Kejaksaan Agung RI Serahkan Barang Milik Negara Kepada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat

Baca juga: KPU akan Buka Pendaftaran untuk PPK dan PPS, Santunan dan Honor akan Ditingkatkan

Aba Subagja menambahkan, formasi yang dibuka adalah formasi yang sangat dibutuhkan.

"(Formasi) yang memang sangat dibutuhkan. Karena ada gap untuk sistem karier di dalam sistem karier PNS. Kita butuh agen yang memang harus PNS, kita juga butuh hakim yang PNS, jaksa dan sebagainya. Dan tenaga-tenaga lain yang harus kita lihat," tambahnya.

Meski demikian, informasi terkait pendaftaran seleksi CPNS 2023 belum ada kepastian dari pihak resmi.

Di sisi lain, lembaga Kejaksaan RI sudah memberikan bocoran bahwa seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) selanjutnya (2023) berjumlah 592 formasi.

"Dan di hari jumat yang penuh berkah ini, langkah pencarian talenta akan kembali dimulai" tulis keterangan di postingan akun Instagram @kejaksaan.ri, (28/10/2022).

Namun, belum ada informasi lebih terkait hal tersebut.

Baca juga: HIPKA Buka Pendaftaran Calon Ketua Umum Periode 2022-2024, Berikut Persyaratannya

Tahun 2022, Pemerintah Hanya Fokus Rekrut PPPK

Sebelumnya, mendiang Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo pernah menyampaikan bahwa di tahun 2022 ini, pemerintah hanya akan merekrut PPPK.

"Untuk Seleksi CASN Tahun 2022 lalu, pemerintah fokus melakukan rekrutmen PPPK, dan di tahun ini, formasi untuk CPNS tidak tersedia. Untuk itu, berbagai kebijakan tengah disusun sebagai dasar kebijakan dalam pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2022 ini," jelas Menteri Tjahjo di Jakarta, Selasa (18/01/2022), dikutip dari menpan.go.id.

Namun, bukan sepenuhnya formasi CPNS dihilangkan dalam Seleksi CASN Tahun 2022.

Formasi CPNS masih tetap dibuka melalui skema sekolah kedinasan.

Formasi CPNS juga dapat dibuka kembali secara terbatas pada 2023 yang tentunya mengikuti arah kebijakan untuk tahun 2023 serta dengan kejelasan kriteria bagi formasi jabatan yang akan dibuka untuk skema CPNS maupun PPPK. (*)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved