Penumpukan Sampah di Cimahi

Emak-emak di Kota Cimahi Protes Sampah Dibiarkan Menumpuk dan Tidak Diangkut Selama Seminggu

Sudah satu pekan sampah di Kota Cimahi, Jawa Barat, dibiarkan menumpuk imbas terhambatnya pengangkutan sampah dari rumah ke tempat pembuangan akhir.

Kompas.com
Sampah yang dibiarkan menumpuk di pinggir jalan Cimahi, Jawa Barat, Rabu (11/1/2023).(KOMPAS.com/BAGUS PUJI PANUNTUN) 

TRIBUNPRIANGAN.COM,CIMAHI - Sudah satu pekan sampah di Kota Cimahi, Jawa Barat, dibiarkan menumpuk imbas terhambatnya pengangkutan sampah dari rumah ke tempat pembuangan akhir (TPA).

Penumpukan sampah di Kota Cimahi itu dikeluhkan oleh masyarakat, sebab tumpukan sampah yang dibiarkan selama satu pekan itu menimbulkan bau tak sedap yang cukup mengganggu masyarakat.

"Sudah seminggu kemarin agak terhambat pengangkutannya. Jadi sempat numpuk, katanya besok mau diangkut," ujar Lilis Kusumawati (50), warga Kompleks Nusa Persada RW 13, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Rabu (11/1/2023).

Lilis bersama emak-emak di wilayahnya melayangkan keluhan penumpukan sampah itu kepada PJ Wali Kota Cimahi, Dikdik S Nugrahawan di akun media sosialnya.

Baca juga: Dinilai Ada Manfaat, Murid SD di Cimahi Tak Dilarang Membawa Lato-Lato ke Sekolah

"Di sini kan ada ibu-ibu yang aktif di medsos, nah coba komen di Instagram Pak Wali, dibalas katanya ada tersendat di Sarimukti. Ya sebetulnya kalau warga kan nggak tahu kayak gitu," ucap Lilis.

Aksi protes akan terlambatnya armada pengangkutan sampah itu juga dilakukan oleh Dini (45).

Tumpukan sampah yang tak terangkut ini menimbulkan bau tak sedap yang cukup mengganggu aktivitas masyarakat.

Baca juga: Kronologi Sugeng Waras Ditusuk di Cimahi Hingga Mengalami Luka 5 Tusukan di Bagian Paha

"Karena menumpuk, meskipun kita masukkan ke keresek tapi kan kalau kehujanan itu tetap basah dan jadi bau," kata Dini.

Dini meminta agar Pemkot Cimahi menyiapkan armada pengangkutan sampah yang lebih layak dengan daya tampung yang lebih mumpuni.

"Terus kita minta ke Pak Wali supaya pakai mobil ngangkutnya, jangan motor roda tiga. Soalnya kalau sudah penuh itu dia harus buang dulu, nah sebagian lagi belum keangkut kan jadi menunggu. Padahal daerah lain pakai mobil," sebut Dini.

Terpisah, Pj Wali Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan mengatakan, penumpukan sampah itu diakibatkan adanya penyempitan akses di TPA Sarimukti, akibatnya armada pengangkut sampah dari TPS ke TPA tersendat.

Baca juga: Demi Bermain Game Online, Dua Pemuda di Kota Cimahi Nekat Curi Uang Kotak Amal Masjid

"Iya (tersendat), masalahnya di TPA Sarimukti. Jadi akses masuknya satu pintu karena perbaikan jalur, padahal sebelumnya dua jalur. Jadi kendala hanya di sana saja," kata Dikdik.

Penyempitan akses menuju TPA Sarimukti itu merupakan imbas dari perbaikan TPA, yang berimbas pada sampah-sampah di permukiman warga tidak bisa terangkut seluruhnya.

"(Namun) kita upayakan pelayanan selalu maksimal, kita akan angkut semua sesuai jadwal," ucap Dikdik. (*)

Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved