Pilpres 2024

Ridwan Kamil Bersyukur Elektabilitasnya Meroket di Survei Litbang Kompas

Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai calon Presiden meroket berdasarkan survei Litbang Kompas yang dirilis pada Rabu (26/10/2022).

TRIBUNJABAR.ID/MUHAMAD SYARIF ABDUSSALAM
Di tengah kesibukannya yang padat dan cuaca buruk sekalipun, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, tetap bersemangat menghadiri launching TribunPriangan.com di Trans Covention Center, Bandung, Kamis (20/10/2022). 

Laporan Kontributor TribunPriangan.com, Muhamad Syarif Abdussalam.

TRIBUNPRIANGAN.COM, BANDUNG - Elektabilitas Ridwan Kamil sebagai calon Presiden meroket berdasarkan survei Litbang Kompas yang dirilis pada Rabu (26/10/2022).

Ridwan Kamil mengapresiasi hasil survei tersebut dan menganggap, penentuan pencalonan pemilihan Presiden berada pada detik-detik terakhir pendaftaran calon Presiden (capres) dan Wakil Presiden (cawapres) Pilpres 2024.

"Politik bukan matematik, tidak selalu yang dihitung hari ini sama dengan hasil akhir. Hal Itu menunjukan, tidak semua dihitung dari hari ini," komentarnya soal hasil survei, Rabu (26/10/2022).

Menurut dia, hasil survei yang selama ini bermunculan menjelang Pemilu 2024 dan mengulas namanya merupakan cerminan kepuasan masyarakan terhadap kinerjanya sebagai Gubernur Jawa Barat.

Walau baginya hasil survei tersebut adalah tanda kerjanya diapresiasi, Ridwan Kamil belum bisa memastikan apakah maju mencalonkan diri sebagai capres atau tidak.

Baca juga: Tiga Opsi Jalan Politik Ridwan Kamil untuk Pemilu 2024

Baca juga: Demi TribunPriangan.com, Ridwan Kamil Terjang Badai Naik Helikopter

"Alhamdulillah, saya bekerja diapresiasi oleh elektabilitas, ya Alhamdulilah. Masalah jadi enggak maju mah itu detik terakhir, takdirlah. Tapi yang penting, kerja saja," katanya.

Ridwan Kamil menjelaskan, terdapat tiga opsi yang dapat ditempuh dalam karier politiknya di Pemilu 2024. 

Tiga pilihan itu antara lain, menjadi calon Presiden, Wakil Presiden, sampai Gubernur.

"Mau jadi Gubernur, capres, cawapres, apapun itu, itu mah takdir Allah. Tidak ada kata tidak maksimal. Jadi Gubernur jilid dua juga maksimal. Paling penting hidup bermanfaat karena jabatan hanya sementara," ujarnya

Mengutip kompas.com, Survei Litbang Kompas yang dirilis Rabu (26/10/2022) menempatkan tiga tokoh dengan elektabilitas terbesar sebagai calon presiden (capres). Ketiganya secara berurutan yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Menurut survei, Ganjar mengalami peningkatan suara cukup signifikan. Kenaikan ini terutama didongkrak oleh pemilih perkotaan. Demikian pula dengan Anies. Tak hanya di pemilih kota, suara mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu juga merangkak naik di pemilih desa.

Sebaliknya, Prabowo kehilangan suara cukup besar di masyarakat perkotaan dan perdesaan.

Baca juga: Ini Harapan Ridwan Kamil di Peluncuran TribunPriangan.com

Di luar tiga nama, sosok Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berhasil menyedot perhatian pemilih dari perdesaan meski suaranya masih di bawah Ganjar, Prabowo, dan Anies.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved