Vaksin Covid 19 booster 2

Vaksin Dosis Ke Empat Terbuka Untuk Umum, Yana Mulyana: Siap Dalam Kondisi Jumlah Yang Memadai

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana sampaikan Vaksin Covid-19 booster 2 mulai serentak dilakukan untuk masyarakat umum per Selasa, 24 Januari kemarin

Kompas.com
Ilustrasi vaksin Covid-19 dosis booster kedua. (Shutterstock/Tobias Arhelger) 

TRIBUNPRIANGAN.COM, BANDUNG – Tribuners, meski pemerintah sudah melonggarkan PPKM, namun vaksin menjadi salah satu ikhtiar untuk menyelesaikan pandemi Covid-19 di Kota Bandung.

Vaksin Covid-19 booster 2 atau dosis 4 mulai serentak dilakukan untuk masyarakat umum per Selasa, 24 Januari 2023 kemarin.

Hal ini disampaikan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana.

"Sebab pelaksanaan vaksin ke-3 atau booster 1 itu sudah cukup lama, tentunya harus diulang dengan booster 2 atau vaksin ke-4. Ini sebagai bentuk ikhtiar kita untuk menyelesaikan pandemi Covid-19 di Kota Bandung," ujar Yana.

Baca juga: Sudah 1 Bulan Sampah di Pasar Baleendah tak Diangkut, Ganggu Aktivitas Pedagang dan Pembeli

Ia menuturkan, jika stok booster 2 sudah siap dan dalam kondisi jumlah yang memadai.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Satgas Covid-19 Kota Bandung, Asep Saeful Gufron mengatakan, Kota Bandung sangat siap untuk melaksanakan vaksin dosis 4 bagi masyarakat umum.

"Jadi kemarin booster tahap 2 baru hanya untuk nakes dan lansia. Sekarang berlaku untuk semua. Insyaallah kita sangat siap," ucap Asep.

Baca juga: Viral Buaya Antar Jasad Balita ke Pinggir Sungai, Begini Kata Pakar BRIN

Terkait jumlah dosis yang tersedia untuk booster 2 ini, ia menuturkan, meski stoknya tak terlalu banyak, tapi masih sangat mencukupi untuk menjalankan vaksinasi dosis 4 bagi masyarakat.

"Booster itu kita tidak bisa stok banyak karena penggunaannya juga beda dan ada masa kadaluarsa setelah dibuka. Masih kita hitung dulu pemetaannya karena ini sosialisasinya baru keluar kemarin," jelasnya.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat untuk mencegah habisnya persediaan booster 2.

Baca juga: Kabar Viral, Foto Dugaan Pelecehan Seksual Di Gunung Salak Bogor, Pelaku Langsung Dipecat

"Selain dengan pihak provinsi, kami juga terus berdiskusi dengan pemerintah pusat mengenai booster. Mana kala persediaannya akan habis, kita diyakinkan tidak akan terjadi kehabisan seperti sebelumnya," tuturnya.

Dengan disiplin protokol kesehatan serta vaksinasi, antibodi di tubuh akan semakin baik untuk mengantisipasi varian Covid-19 apapun. (*)

Sumber: Tribun Priangan
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved