Kebocoran Gas di KBB

6 Warga di Bandung Barat Tersambar Api, Diduga Berasal dari Gas Melon yang Bocor

Sebanyak 6 warga Kampung Cibedug, KBB mengalami luka bakar terkena sambaran api dari gas yang didugaga mengalamin kebocoran.

Kompas.com
Korban kebakaran di Kampung Cibedug RT 04 RW 11 Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (11/1/2023).(KOMPAS.COM/Bagus Puji Panuntun) 

TRIBUNPRIANGAN.COM, KBB - Sebanyak 6 warga Kampung Cibedug RT 04 RW 11 Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat, mengalami luka bakar terkena sambaran api dari gas yang didugaga mengalamin kebocoran.

2 dari 6 korban kebakaran tersebut mengalami luka serius sehingga terpaksa harus dilarikan ke rumah sakit, sementara 4 korban lainnya mengalami luka bakar ringan akibat semburan api.

Baca juga: Pasca Kebakaran Hebat, Kios Darurat akan Didirikan di Pasar Onderdil dan Besi Bekas Cikurubuk

"Kebakaran terjadi tadi pagi. Awalnya ada gas bocor di dapur. Kemudian ada tungku api yang menyala," ujar seorang korban selamat Sriwanti (30), dikutip dari Kompas.com, Rabu (11/1/2022).

Tidak ada satu pun korban menyadari bahwa gas tabung 3 kilogram tersebut sedang dalam keadaan bocor, sehingga gas bocor tersebut menyambar seisi ruangan setelah terpantik api.

Baca juga: Kebakaran Pasar Onderdil dan Besi Tua Cikurubuk Kota Tasikmalaya Jadi Berkah Bagi Pemulung

"Gas bocor tersebut mengendap di ruang dapur, sementara di samping ruang dapur ada kompor tungku api yang sedang menyala. Api di tungku kemudian merambat karena ada gas bocor," kata Sri.

Api tersebut kemudian membesar dalam hitungan detik dan membakar seisi ruang dapur dan menyambar ke ruang tengah.

Keluarga yang tengah berkumpul, panik bukan kepalang, dan mencoba menyelamatkan diri dari jilatan api.

"Saya luka di bagian kaki dan wajah. Yang lain juga luka ringan di bagian kaki. Yang luka bakar parah 2 orang, 4 lainnya luka bakar ringan," kata Sri.

Baca juga: Pasar Onderdil dan Besi Tua Kota Tasikmalaya Kebakaran, Arus Lalu Lintas Jalan Cikurubuk Macet

Akibat kejadian nahas tersebut, korban atas nama Ipah (56) mengalami luka bakar hampir di sekujur tubuh sehingga harus dilarikan ke Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS), Kota Bandung.

Sementara korban atas nama Dani (33) mengalami luka bakar serius di bagian kaki sehingga korban harus dilarikan ke RSUD Lembang.

"Korban atas nama Ipah mengalami luka bakar 90 persen, sudah dilarikan ke RSUD Bandung. Korban atas nama Dani dilarikan ke RSUD Lembang. 4 korban lainnya mengalami luka bakar ringan di bagian kaki," ujar Aman, Ketua RW setempat.

Api berhasil dilumpuhkan oleh warga setempat yang membobol atap ruang dapur agar gas yang bocor menyembur ke luar ruangan sebelum melalap seluruh bagian rumah.

"Yang kebakar ruang dapur, kamar mandi, dan ruang tengah. Apinya berhasil dipadamkan oleh warga," tutur Aman. (*)

Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved