Gempa Bumi Tasikmalaya

3 Kali Gempa Bumi Berpusat di Kota Tasikmalaya, Begini Kata Kepala BPBD Kota Tasikmalaya

Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar, mengungkapkan, tiga kali gempa bumi dengan episenter di Kota Tasikmalaya bukan hal aneh.

Tribun Jabar/ Firman Suryaman
Kepala BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar. 

Laporan Wartawan TribunPriangan.com, Firman Suryaman

TRIBUNPRIANGAN.COM, TASIKMALAYA - Kepala Pelaksana BPBD Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar, mengungkapkan, tiga kali gempa bumi dengan episenter di Kota Tasikmalaya bukan hal aneh.

Walau Kota Tasikmalaya tak tak termasuk ke dalam sesar maupun lempeng yang ada, namun bagaimana pun Indonesia masuk dalam ring of fire gempa bumi.

"Walau tiga kali gempa yang terjadi hari Minggu (4/12) baru kali pertama episenter di Kota Tasikmalaya tapi itu bukan hal mengejutkan," kata Ucu, Selasa (6/12).

Baca juga: Buruh di Jawa Barat Minta Gubernur Setujui Semua Rekomendasi Bupati Walikota tentang UMK 2023

Tiga kali gempa berepisenter di tenggara Kota Tasikmalaya terjadi Minggu (4/12). Pertama terjadi sekitar pukul 04.34, kedua pukul 04.39 dan ketiga pada pukul 09.57.

"Beruntung magnitudonya kecil sekitar 3 sehingga hanya satu rumah yang mengalami kerusakan," ujar Ucu.

Menurut Ucu, bagaimana pun lempengan di bawah bumi ini terus bergerak sesuai periodisasi.

"Sesar juga tidak terpisahkan dari lempeng bumi, sehingga dalam kondisi apapun warga Indonesia yang berada pada ring of fire, termasuk juga Kota Tasikmalaya, harus tetap waspada," kata Ucu.

Baca juga: Serikat Pekerja Jawa Barat Lakukan Aksi Damai Kawal Penetapan UMK 2023

BPBD Kota Tasikmalaya yang memiliki tagline kenali bahayanya kurangi resikonya, terus melakukan sosialisasi antisipasi gempa.

"Sesuai tagline kami, kenali bahanyanya yaitu gempa bumi bisa terjadi di mama saja dan kapan saja. Kurangi resikonya dengan selalu waspada misal selalu mengenali jalur-jalur evakuasi saat kita mau berada di suatu tempat," ujar Ucu.

Yang tak kalah penting, tambah Ucu, jangan panik karena kepanikan bisa memakan korban lebih banyak.

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved