Cara Mengelola Keuangan Pribadi

Cara Mengelola Keuangan Pribadi dengan Baik, Langsung dari Praktisi Finansial

Cara Mengelola Keuangan Pribadi Dengan Baik, Langsung dari Praktisi Finansial.

tribunnews.com
Ilustrasi cara mengelola keuangan pribadi dengan baik 

Laporan Kontributor TribunPriangan.com, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNPRIANGAN.COM, BANDUNG - Priaktisi finansial, Nadia Isnuari Harsya membagikan cara mengelola keuangan pribadi dengan baik dan benar.

Tips itu bermanfaat supaya dapat mewujudkan impian-impian melalui perencanaan keuangan dengan tepat dan investiasi pintas.

Maka menurutnya, cara mengelola keuangan pribadi dengan baik dapat dilakukan dengan dasar yang kuat, yakni mengetahui prioritas.

"Kalian harus tahu dan pisahkan mana yang prioritas dan mana yang bisa ditunda dulu. Kondisi finansial orang Indonesia ini hanya sekitar 26 persen yang miliki dana darurat, lalu 41 persen orang miliki definisi kaya yang salah, dan orang cenderung melihat kaya itu hanya pada materiil. Jadi, itu harus diperbaiki pemikirannya, dan ada 78 persen orang di Indonesia enggak punya asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa," katanya di Jalan Dago, Kamis (27/10/2022) kemarin.

Baca juga: 6 Tips Promosi Produk Jualan di WhatsApp, Bisa Pakai Tools Katalog Hingga Buat QnA Customer

Baca juga: 8 Tips Menjaga Kesehatan Ginjal, Bisa Diterapkan dalan Kehidupan Sehari-hari

Lantas, bagaimana cara mengelola keuangan pribadi dengan baik dan benar?

Menurut Nadia, hal pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memiliki tujuan finansial khusus dengan produk tabungan yang sesuai tujuan.

Dengan begitu, lanjut Nadia, perencaan keuangan akan menjadi baik dan hidup bisa menjadi tenang, sebab masalah akan selalu hadir dalam kehidupan.

"Kita harus miliki konsep seperti membangun rumah, yakni dengan perkuat dahulu pondasinya alias harus ada income (pemasukan) yang stabil, arus kas sehat, dan miliki tujuan finansial yang khusus dengan produk tabungan yang sesuai tujuan. Apalagi, nanti 2023 katanya akan ada resesi ekonomi, sehingga kita perlu adanya dana darurat, salah satunya sisihkan uang penghasilan sekitar 10 persen per bulannya untuk target realistis," ucapnya.

Nadia memberikan edukasi terkait keuangan ini bersama dengan KoinWorks, membahas terkait pengelolaan keuangan dan investasi bertajuk SmartVestor.

Sebelumnya, KoinWorks bersama K-Lite Radio telah berkunjung ke Politeknik NHI guna memberikan edukasi keuangan kepada mahasiswa untuk melakukan penanaman kebiasaan baik investasi sejak dini, agar masyarakat kelas menengah Indonesia bisa lebih kuat.

Wealth Product Marketing Manager KoinWorks, Mega Anjasmoro mengatakan, event yang dilaksanakan itu bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan keuangan serta terhadap produk keuangan.

Baca juga: Kuliner Khas Ciamis Mie Golosor Sangat Nikmat di Mulut, Begini Resep dan Cara Membuatnya

Baca juga: Cara Cek Resi J&T Express, Bisa Pantau Keberadaan Paket Melalui Website dan Aplikasi

"Kami meyakini semua orang dapat mewujudkan finansial impian maupun bisnis impiannya melalui pengelolaan keuangan yang tepat. Jadi, event ini lebih mengajarkan dasar pembuatan tujuan keuangan dan menjadikan investasi sebagai alat untuk mencapai tujuan tersebut," ucapnya.

Agar pengelolaan keuangan berjalan dengan tepat, KoinWorks pun sebagai partner keuangan para pelaku UMKM memberikan kemudahan hanya dalam satu genggaman baik dalam berbisnis maupun investasi, karena mereka merupakan super financial app pertama di Indonesia yang memberi solusi untuk berbagai kebutuhan finansial dalam satu aplikasi.

KoinWorks ini telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan tercatat sebagai penyelenggara inovasi keuangan digital (IKD). (*)

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved