Politik

Hasil Survei Litbang Kompas, Demokrat Geser Golkar, Perindo Makin Melejit

Partai Demokrat berhasil masuk tiga besar dalam jajak pendapat, pilihan masyarakat terhadap partai politik hari ini yang dilakukan Litbang Kompas

Tribunjabar.id
Survei litbang Kompas soal tren pilihan partai politik yang dirilis pada 25 Oktober 2022. (KOMPAS) 

TRIBUNPRIANGAN.COM, JAKARTA - Partai Demokrat berhasil masuk tiga besar dalam jajak pendapat terkait pilihan masyarakat terhadap partai politik hari ini yang dilakukan Litbang Kompas.

Ini kata Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY saat survei diselenggarakan pada 24 September-7 Oktober 2022 secara tatap muka.

Survei sudah diselenggarakan sejak Oktober 2019, dan sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode penculikan sistematis bertingkat di 34 provinsi.

Dengan menggunakan metode ini, survei berada di tingkat kepercayaan 95 persen, margin of error penelitian sebesar kurang lebih 2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Jabar Yakin Ridwan Kamil Dapat Tuntaskan Janji Politik di Akhir Masa Jabatannya

Baca juga: Partai Demokrat Jabar Usulkan AHY Maju Menjadi Calon Presiden, Pengurus di Pangandaran Berharap Sama

Dalam survei tersebut, PDI-P masih menjadi partai dengan jumlah pemilih terbanyak pada Oktober 2022, yakni 21,1 persen.

PDI-P disusul oleh Gerindra dengan suara 16,2 persen. Menariknya, posisi ketiga kini bukan diisi oleh Partai Golkar lagi. Demokrat menjadi partai yang menyalip Golkar.

Demokrat bertengger di posisi tiga dengan suara mencapai 14 persen. Golkar berada persis di bawah Demokrat, dengan pemilih 7,9 persen.

Baca juga: KPU Ciamis Kerahkan 26 Petugas untuk Verifikasi 2.341 Keanggotan Partai Politik

Menanggapi hasil survei tersebut, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan hasil survei ini mengokohkan Demokrat pada posisi papan atas.

Namum, di satu sisi, AHY meminta kader Demokrat untuk tidak jumawa atas hasil survei ini.

Ia juga meminta para kader untuk tidak mengecewakan harapan rakyat yang terefleksi dalam kenaikan angka elektabilitas tersebut.

“Kepada para kader, jangan cepat merasa puas. Jangan jemawa. Mari kita terus berjuang, terus berada di tengah-tengah masyarakat untuk menyerap aspirasi mereka untuk mewujudkan perubahan dan perbaikan. Jangan kecewakan harapan rakyat, karena harapan rakyat perjuangan Demokrat,” ujar AHY dalam keterangannya, Selasa (25/10).

Elektabilitas partai Demokrat diketahui tercatat meningkat dalam survei Litbang Kompas sejak bulan Oktober tahun 2021 lalu. Saat itu, elektabilitas Demokrat terekam sebesar 5,4 persen, kemudian melompat menjadi 10,6 persen pada survei Januari 2022, lalu naik lagi menjadi 11,7 persen pada survei Juni 2022 lalu.

Tanggapan mengenai hasil survei juga datang dari Wakil Ketua Umum Bidang Pemilu, Teritorial, Strategi Pencalegan, Kampanye, dan Saksi DPP Partai Perindo, Ferry Kurnia Rizkiyansyah menyambut baik hasil survei Litbang Kompas yang menempatkan Perindo berada di angka 4,5 persen.

Dengan perolehan ini, Ferry mengaku semakin semangat jajarannya dalam menyongsong Pemilu 2024 mendatang dengan target yang ditentukan oleh Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo.

"Hasil survei ini membuat kami semakin optimis mampu lolos ambang batas parlemen di pemilihan umum tahun 2024 mendatang, bahkan sesuai target kami yaitu di double digit atau lebih dr 10 persen," kata Ferry.

Meski demikian, Ferry mengingatkan kepada semua kader Partai Perindo untuk tidak terlena dengan hasil ini. Menurutnya, kerja politik selama ini yang sudah dikerjakan harus ditingkatkan.

"Kerja-kerja politik, turun membantu kesejahteraan masyarakat harus semakin giat dilakukan oleh segenap komponen partai dari pusat sampai daerah, dengan menjaga persatuan bangsa," ujarnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved