Pelantikan DMI Ciamis

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya: Banyak Masjid Megah di Kabupaten Ciamis Tapi Sepi Jamaah

Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya menyebutkan di Ciamis terdapat 8.224 masjid dan 5.700 musola. Yang tersebar  di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis

Istimewa
Bupati Ciamis Herdiat Sunarya sebut Di Ciamis banyak masjid yang megah tapi sepi jamaah 

Laporan Kontributor TribunPriangan.com, Andri M Dani

TRIBUNPRIANGAN.COM,CIAMISBupati Ciamis H Herdiat Sunarya menyebutkan di Ciamis terdapat 8.224 masjid dan 5.700 musola. Yang tersebar  di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis, yakni di 258 desa dan 7 kelurahan di 27 kecamatan.

Dari ribuan masjid tersebut banyak pula bangunan masjid yang megah tapi sepi jamaah.

“Kondisi saat ini, banyak masjid yang megah. Tapi sepi jamaah. Di sinilah peran  penting DMI yakni memakmurkan kembali masjid,” ujar Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya  pada pengukuhan dan pelantikan Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Ciamis periode 2022-2027 di Aula Setda Ciamis Rabu (25/1) sore.

Baca juga: Viral Video Petani Buang-buang Tomat Hasil Panen, Kementan: Kami Cek ke Lapangan

Pada kesempatan tersebut hadir Wabup Ciamis Yana D Putra, Sekda H Tatang, unsur Forkopimda Ciamis dan pejabat lainnya. Ada 38 orang pengurus PD DMI Ciamis yang dilantik dengan ketua Drs H Syarif Nurhidayat.

Tugas utama DMI di Ciamis menurut Bupati Herdiat adalah melakukan pembinaan umat.

Yang notabe mayoritas rakyat Ciamis adalah muslim dengan jumlah masjid yang cukup banyak.

 Yakni sebanyak 8.224 masjid dan 5.700 musola yang tersebar di seluruh wilayah Ciamis yakni di 258 desa dan 7 kelurahan di 27 kecamatan.

Baca juga: Segera Cek, PT KAI Beri Diskon Tiket Kereta Api untuk Civitas Akademika dan Alumni 6 Universitas Ini

“Banyak masjid yang bangunannya berdiri megah. Tapi sepi jamaah. Adalah tugas utama DMI untuk memakmurkan masjid. Melakukan pembinaan umat. Merawat dan memelihara masjid,” katanya.

Pemkab Ciamis menurut Bupati Herdiat sudah menggelar program magrib mengaji dan salat berjamaah. Namun program tersebut terhenti sementara selama sekitar 2,5 tahun. Yakni selama masa pandemi Covid-19.

Gerakan magrib mengaji dan salat berjamaah tersebut terpaksa terhenti sementara selama masa pandemi Covid-19 karena ada pembatasan aktivitas masyarakat.

Baca juga: Jadwal Kereta Api KRD Bandung Raya Hari Ini, Rabu 25 Januari 2023, Lengkap Beserta Harganya

Sekarang PPKM sudah dicabut dan aktivitas masyarakat sudah kembali longgar. Dengan harapan program magrib mengaji dan salat berjamaah tersebut bisa diaktivkan kembali.

“Sudah saatnya gerakan magrib mengaji dan salat berjamaah tersebut digaungkan kembal,” ujar Bupati Herdiat.

Pengukuhan  dan pelantikan PD DMI Ciamis periode 2022-2027 Rabu (25/1) sore tersebut langsung oleh Ketua DMI Jabar, KH Ahmad Shidiq.

Baca juga: Jadwal Kereta Api Garut Cibatuan Hari Ini, Rabu 25 Januari 2023, Lengkap Beserta Harganya

Ketua PD DMI Ciamis, Drs H Syarief Nurhidayat bersama jajarannya bertekad dan terus berupaya memakmurkan masjid.

Tidak hanya itu, menurut Syarief, masjid juga harus difungsikan sebagai penguat ekonomi umat. Dan  masjid betul-betul berupaya membangun masyarakat yang berdaya secara ekonomi (andri m dani)

 


 

 

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved