Baru Saja Terjadi, Api Membakar Ruang Pelayanan Desa Jalatrang

Balai Desa Jalatrang yang berada di RT 01/01 Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis terbakar, Kamis (19/1/2023) sekitar pukul 19.50 malam.

Editor: ferri amiril
tribunpriangan.com/andri m dhani
Bale Desa Jalatrang terbakar 

Laporan Kontributor TribunPriangan.com Ciamis, Andri M Dhani

TRIBUNPRIANGAN.COM, CIAMIS - Balai Desa Jalatrang yang berada di RT 01/01 Desa Jalatrang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis terbakar, Kamis (19/1/2023) sekitar pukul 19.50 malam.

Api meluluhlantakan ruang seksi pelayanan dan membakar laptop, AC, berbagai dokumen, arsip, serta mebeler yang ada di dalamnya.

“Bagian yang terbakar hanya ruang pelayanan saja. Tidak sampai merembet ke ruangan lainnya. Kejadiannya tadi sekitar pukul 19.50,” ujar Kades Jalatrang, Asep  Dadi Heryadi yang akrab dipanggil Pak Kuwu Asdad saat dihubungi TribunPriangan.com, Kamis (19/1/2023) malam.

Menurut Asep Dadi, asal api diduga dari hubungan arus pendek listrik (korsleting). Waktu kejadian balai desa sedang kosong. “Biasanya setelah isya baru ada yang  piket jaga. Waktu kebakaran tadi balai desa lagi kosong,” katanya.

Api pertama kali dilihat oleh warga yang sedang lewat di sisi jalan depan Balai Desa Jalatrang. Warga tersebut memberi tahu warga lainnya, kebetulan lokasi balai desa daerah ramai dan tidak jauh dari masjid jami Jalatrang dan objek wisata Jati Sewu.

Baca juga: Taman Surawisesa Ciamis, Salat Satu Tempat Berkumpul dan Menghabiskan Waktu Sore Bersama Keluarga

“Warga dengan cepat berdatangan ke lokasi untuk mencoba memadamkan api. Saya waktu kejadian sedang berada di rumah langsung ke balai desa setelah ada yang memberi tahu,” ujar Kuwu  Asep Dadi.

Bahkan puluhan warga yang sedang mengikuti pengajian rutin malam Jumat di masjid jami seberang balai desa juga berdatangan ke lokasi balai desa.

“Tadi itu di masjid jami sedangkan berlangsung pengajian rutin. Begitu mengetahui ada kebakaran, pengajian jadi bubar. Warga langsung berlarian dari masjid ke balai desa ikut membantu  pemadaman api,” katanya.

Sebanyak tiga mobil pemadam kebakaran datang dengan cepat ke lokasi kejadian, dua mobil damkar di antaranya dari Pos Damkar  WMK Kawali.

“Ada tiga mobil damkar yang datang ke lokasi. Jadi kobaran api berhasil dengan cepat dipadamkan sebelum merembet ke ruang lainnya. Yang terbakar hanya ruang pelayanan saja,” ujar Kuwu Asdad.

Baca juga: Disdik Ciamis Resmi Larang Murid Bawa Lato Lato ke Sekolah

Kerugian materi akibat kebakaran yang menimpa ruang pelayanan di Balai Desa Jalatrang tersebut menurut Kuwu Asdad diperkirakan mencapai Rp 50 juta.

“Besok pagi rencananya akan dilakukan pembersihan puing-puing kebakaran,” imbuhnya.

Dan sementara pelayanan di pindahkan ke ruangan lainnya.(*) 

 

Sumber: Tribun Priangan
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved