Breaking News:

Ketua FKUB Kabupaten Tasikmalaya Sebut Perayaan Imlek Kemungkinan di Gereja

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Edeng Zaenal Abidin, mengatakan bahwa perayaan Imlek bagi warga Kabupaten Tasikmalaya

Penulis: Aldi M Perdana | Editor: ferri amiril
Ketua FKUB Kabupaten Tasikmalaya Sebut Perayaan Imlek Kemungkinan di Gereja
istimewa
Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh Jemaat Kalaksanan di Desa Cikawungading, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Laporan Jurnalis TribunPriangan.com, Aldi M Perdana

TRIBUNPRIANGAN.COM, KABUPATEN TASIKMALAYA - Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Edeng Zaenal Abidin, mengatakan bahwa perayaan Imlek bagi warga Kabupaten Tasikmalaya pada Minggu (22/1/2023) mendatang kemungkinan dilaksanakan di gereja.

“Di Kabupaten Tasikmalaya itu ada empat gerejanya. Pertama di Kecamatan Ciawi, yang berupa rumah pendeta tapi dijadikan rumah ibadah. Begitu pula di Desa Cipanas, Kecamatan Cipatujah, itu gerejanya rumah pendeta juga. Kemudian di Desa Cikawungading, masih Kecamatan Cipatujah, itu ada dua gereja di sana,” terang Edeng kepada TribunPriangan.com pada Selasa (17/1/2023).

Melalui Focus Group Discussion (FGD) bersama tokoh-tokoh lintas agama di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, pihaknya telah membahas perihal hari Imlek ini.

Melalui diskusi tersebut, Edeng telah berkoordinasi dengan semua pihak gereja tersebut.

“Di Kabupaten Tasikmalaya sejauh ini sih belum ada. Mungkin saja ada yang melakukan imlek di gereja juga, karena Vihara itu di Kota Tasikmalaya," lengkapnya.

Baca juga: FKUB Kabupaten Tasikmalaya Waspadai Politik Identitas

Lanjutnya, mengingat tidak adanya sarana ibadah untuk masyarakat penganut agama Buddha serta sedikitnya etnis Tionghoa di Kabupaten Tasikmalaya, Imlek kemungkinan dilakukan di gereja-gereja tersebut.

“Kabupaten Tasikmalaya ini masih daerah agraris, bukan daerah industri, sehingga akhirnya tamu-tamu Imlek di wilayah kami ini kurang banyak," pungkas Edeng.(*)

Sumber: Tribun Priangan
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved