Driver Ojol di Bandung Dapat Pelatihan Usaha Guna Tingkatkan Penghasilan

Driver Ojol di Bandung Dapat Pelatihan Usaha Guna Tingkatkan Penghasilan

Istimewa
Para driver ojek online (ojol) mendapat pelatihan usaha di Pagerwangi, Kabupaten Bandung pada Minggu (15/1/2023), guna meningkatkan penghasilan. 

TRIBUNPRIANGAN.COM, BANDUNG - Para pengemudi ojek online (ojol) di Pagerwangi, Kabupaten Bandung, mendapatkan pelatihan usaha pada Minggu (15/1/2023).

Pelatihan tersebut diberikan agar para driver ojol memiliki keahlian lain untuk menambah penghasilannya melalui usaha baru serta dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga.

Para driver itu pun diberikan informasi dan demo seputar bisnis retail dan usaha frenchise kuliner dari para pelaku usaha, meliputi sistem produksi, manajemen dan pemasaran pada industri tersebut.

Baca juga: Ribuan Santri di Kota Bandung Dukung Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024, Ini Alasannya

Risnandar, juru Bicara (Jubir) Nasional dari relawan Komunitas Ojol atau Kajol Dukung Ganjar mengatakan, banyak persoalan yang dihadapi oleh para driver ojol, seperti minimnya orderan, kendaraan rusak yang menyebabkan para driver tidak bisa bekerja dengan optimal serta kendala lainnya yang dihadapi di lapangan.

"Untuk itu kami memberikan terobosan berupa pelatihan UMKM dan bantuan paket usaha untuk para sahabat kami driver ojol. Hal tersebut bertujuan agar mereka bisa memiliki tambahan penghasilan melalui usaha yang dijalaninya," ujar Risnandar, dalam keterangan resminya.

Sepanjang kegiatan pelatihan usaha ini, para driver ojol mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh dan antusias. Mereka secara bergantian aktif bertanya kepada mentor.

Baca juga: Saung Ganjar Kenalkan Ganjar Pranowo Melalui Turnamen Bola Voli

"Respons para driver ojol tersebut sangat baik, mereka paham akan pentingnya melakukan terobosan dalam berwirausaha di era saat ini," katanya.

Selain itu, Kajol juga memberikan paket bantuan usaha senilai 10 juta rupiah yang akan dikelola oleh para komunitas yang sudah terdaftar.

"Paket 10 juta tersebut kami berikan dalam bentuk bantuan usaha yang kami serahkan kepada komunitas yang selanjutnya akan dikelola oleh para anggotanya," ucapnya.

Baca juga: PPP Ciamis Rekomendasikan Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo

Para driver ojol berharap agar disediakan wadah dalam melakukan konsolidasi lebih lanjut.

Hal tersebut dirasa penting karena pembinaan terhadap UMKM tidak instan.

"Kami menampung aspirasi dari para driver ojol yang berharap kegiatan mentoring serupa untuk lebih difokuskan dikemudian hari, kami akan mengupakan hal tersebut hingga usahanya berjalan dengan baik," katanya.

Baca juga: Kata Jokowi di HUT ke-50 PDIP: Partai yang Konsisten Jaga 4 Pilar Kebangsaan

Koordinator Daerah (Korda) Kajol Dukung Ganjar Kabupaten Bandung Barat, Sakti mengungkapkan pentingnya kegiatan Coaching Clinic UMKM bagi para driver ojol.

"Ini merupakan spirit baru bagi para driver ojol. Dengan datangnya komunitas Kajol Dukung Ganjar hari ini memberikan semangat dan optimisme baru untuk para driver. Kami berharap usahanya bisa berjalan dengan lancar," ujar Sakti. (*)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved