Gubernur Jawa Barat

Masa Jabatan Tersisa 8 Bulan, Ridwan Kamil Fokus Genjot Proyek Infrastruktur

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan fokus pada proyek infrastruktur dalam sisa 8 bulan masa jabatannya.

Kompas.com
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat ditemui di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/1/2023).(KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANI) 

TRIBUNPRIANGAN.COM, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan fokus pada proyek infrastruktur dalam sisa 8 bulan masa jabatannya.

Ada 2 proyek yang akan diresmikan dalam waktu dekat, yakni diantaranya peletakan batu pertama proyek jalur tambang Parung Panjang, Bogor, dan peresmian underpass, Depok.

"Iya dalam minggu-minggu depan, ada dua hal infrastruktur jalur tambang dan underpass Dewi Sartika sedang dipersiapkan peresmiannya," kata Emil, sapaan akrabnya di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (5/1/2022).

Emil menjelaskan, 2 proyek infrastruktur tersebut sangat penting untuk memecah persoalan lalu lintas di dua wilayah tersebut.

Baca juga: Ridwan Kamil Pastikan Perayaan Natal 2022 di Jawa Barat Berjalan Aman dan Kondusif

Baca juga: Peluang Ridwan Kamil untuk Pilgub Jabar 2024 Terbuka Lebar, Kans Maju Pilpres 2024 Menipis

"Semua janji saya kerjakan," ucap Emil.

Pada 2018, Emil memilih rencana pembangunan jalur khusus tambang sebagai solusi permanen permasalahan sosial di Parung Panjang, dan rencananya konstruksi jalur tambang dibagi ke dalam 4 segmen.

Segmen I sekitar 10 kilometer, segmen II sepanjang 9,75 kilometer, segmen III sepanjang 2,01 kilometer, dan segmen IV sekitar 1 kilometer.

Baca juga: Ridwan Kamil Wajibkan Perusahaan di Jawa Barat Terima karyawan Disabilitas, Ternyata Ini Alasannya

Sementara pembangunan underpass, proyek kolaborasi ini digelar guna menjawab keluhan masyarakat Depok dan sekitarnya soal kemacetan, yang mana dengan underpass, kendaraan tidak perlu menunggu kereta lewat karena dialihkan menuju ke bawah lewat terowongan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (BMPR) Provinsi Jawa Barat, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, underpass ini bisa mengurai kemacetan di Jalan Dewi Sartika Kota Depok, sehingga perekonomian bisa tumbuh dengan maksimal.

"Salah satu upaya untuk mengurai kemacetan rel kereta api Dewi Sartika, Kota Depok, adalah dengan pembangunan underpass Dewi Sartika," kata Bambang.(*)

Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved