MotoGP 2023

MGPA Tiadakan Tes Pramusim MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika, Ini Alasannya

Dorna Sports sempat menawarkan Sirkuit Mandalika untuk menggelar tes pramusim, namun hal itu tidak dilakukan karena pertimbangkan biaya

MotoGP.com
Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Indonesia 

TRIBUNPRIANGAN.COM - Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria, mengungkapkan alasan tidak menyelenggarakan tes pramusim MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika.

Menurut Andi, sapaan akrab Priandhi Satria, pihaknya tidak menyelenggarakan tes pramusim karena pertimbangan bisnis dari manajemen MGPA dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengembang sirkuit.

"Di tahun 2023 kita tidak akan melangsungkan pramusim seperti di 2022, karena biaya lumayan besar. Karena kita tidak jualan tiket, sayang saja biayanya sebesar itu. Kami bersama ITDC memilih untuk tidak menggelar," kata Andi, dikutip dari Kompas.com, Rabu (4/1/2023).

Baca juga: Berubah dari Kalender MotoGP 2023, Jadwal Mandalika Mundur ke Oktober

Andi mengatakan, pihak Dorna Sports sempat menawarkan Sirkuit Mandalika untuk menggelar tes pramusim, tapi hal tersebut tidak dilakukan karena mempertimbangkan hal-hal tadi.

Dengan begitu, Sirkuit Mandalika tidak lagi masuk dalam kalender tes pramusim MotoGP 2023 yang dikeluarkan oleh Dorna Sports.

Menurut Andi, keputusan menyelenggarakan tes pramusim merupakan hak dari pengelola sirkuit.

Baca juga: Jadwal Sementara MotoGP 2023: 2 Seri Baru, GP Mandalika Jadi Urutan 16 Setelah Jepang

"Jadi kalau tes pramusim itu hak pemilik sirkuit apakah akan mengadakan pramusim atau tidak," kata Andi.

Andi juga menjelaskan, pertimbangan Sirkuit Mandalika menggelar tes pramusim pada 2022 karena dipandang perlu untuk menguji lintasan sirkuit yang baru selesai terbangun.

"Memang di tahun 2022 kemarin, MGPA melakukan tes pramusim. Itu karena kali pertamanya Sirkuit Mandalika mengadakan MotoGP. Jadi kita pikir jika ada tes pramusim untuk melihat berbagai kekurangan serta apa yang perlu diperbaiki, jadi kita lakukan tes pramusim," kata Andi.

Baca juga: Mandalika Dicoret dari Jadwal Sesi Tes Pra-musim MotoGP 2023, Ini Alasannya

Menurut Andi, penyelenggaraan MotoGP 2022 dan WSBK 2022 sudah membuktikan bahwa Sirkuit Mandalika bagus dan layak untuk balapan, sehingga tidak perlu lagi mengadakan tes pramusim.

Andi mengakui bahwa tes pramusim secara promosi bagus untuk menggaungkan nama Sirkuit Mandalika, tapi karena biaya yang minim sehingga MGPA memilih mengalokasikan dana ke perbaikannya infrastruktur.

"Memang ada bagusnya di segi promo ada pramusim ini itu, tapi kemudian anggaran dengan jumlah demikian apakah layak," kata Andi.

Pebalap Ducati asal Italia Francesco Bagnaia (depan) pada balapan Grand Prix MotoGP Valencia di Ricardo Tormo di Cheste, Valencia, Spanyol, pada Minggu 6 November 2022.(AFP/JAVIER SORIANO)
Pebalap Ducati asal Italia Francesco Bagnaia (depan) pada balapan Grand Prix MotoGP Valencia di Ricardo Tormo di Cheste, Valencia, Spanyol, pada Minggu 6 November 2022.(AFP/JAVIER SORIANO) (Kompas.com)

Berbeda dengan sirkuit di Malaysia yang mengadakan tes pramusim karena penontonnya banyak meski hanya tes pramusim atau sesi latihan bebas para rider.

"Kecuali mungkin seperti di Malaysia karena penonton banyak saat tes pramusim. Jadi ngadain  pramusim saja enggak terlalu mahal," kata Andi.( *)

Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved