Libur Akhir Tahun

Usai Libur Tahun Baru, Jalur Wisata Ciwidey Bandung Ramai Lancar, Sempat Berlakukan 4 Kali One Way

Usai Libur Tahun Baru, Jalur Wisata Ciwidey Bandung Ramai Lancar, Sempat Berlakukan 4 Kali "One Way"

Kompas.com
Dua wilayah di Kabupaten Bandung, bakal menjadi titik konsentrasi massa saat perayaan malam tahun baru 2023. Kapolresta Bandung Kombes Pol Kusworo mengatakan, titik konsentrasi massa saat malam perayaan tahun baru 2023 diprediksi akan terjadi di lokasi wisata, seperti Ciwidey, dan Pangalengan.(KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah) 

TRIBUNPRIANGAN.COM, BANDUNG - Kondisi jalur wisata di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, terpantau ramai lancar, usai libur Tahun Baru, Senin (2/1/2023). 

Kepala Pos Pengamanan (Kapospam) Simpang 3 Sadu, Kompol Deny Sunjaya mengatakan, pada libur tahun baru, jajaran Satuan Lalu Lintas Polresta Bandung sempat melakukan pengalihan arus lalu lintas di sepanjang jalur Soreang-Ciwidey, Bandung. 

Bahkan pada malam perayaan tahun baru 2023, pihaknya memberlakukan 4 kali pengalihan arus dengan cara one way (satu arah).

Deny juga meyebut, sempat terjadi kepadatan di arus lalu menuju lokasi rekreasi di wilayah Ciwidey.

Baca juga: Ditutup Sepanjang Malam Tahun Baru, Ini Jalur Alternatif Cianjur Puncak yang Bisa Digunakan

Baca juga: Pergantian Malam Tahun Baru, Polisi Sampaikan Jalur Evakuasi

"Betul, sempat terjadi kepadatan saat tahun baru kemarin, kemudian pada saat arus balik pun terjadi hal yang sama menuju titik rekreasi," katanya dikonfirmasi, Senin (2/1/2023).

Guna mengurai kemacetan yang terjadi, pihaknya menutup sementara lajur kendaraan yang mengarah ke Ciwidey dari Soreang.

"Dari tadi siang sudah 4 kali one way. Dengan one way ini alhamdulillah cukup efektif. Di mana tumpukan kendaraan yang menumpuk di atas yang sedang melaksanakan rekreasi, sekarang sudah mulai berkurang," ujarnya.

Baca juga: Buka Tutup Jalur akan Diberlakukan di Pangandaran

Setelah dilakukan one way, arus lalu lintas di wilayah Ciwidey sudah mulai ramai lancar hingga hari ini Senin (2/1/2023).

"Memang pengalihan arus itu instruksinya sampai hari kemarin, tapi sampai hari ini kami terus melakukan pemantauan," tambahnya.

Sementara Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo membenarkan jika pada perayaan tahun baru kemarin, titik konsentrasi massa berada di Ciwidey dan Pangalengan.

Seluruh pasukan yang disiagakan, sambung dia, telah melakukan beberapa skema pengaturan lalu lintas di kedua jalur tersebut.

Baca juga: Jelang Tahun Baru, Pertamina Pastikan Kesiapan Stok Serta Layanan BBM dan LPG di Jalur Pansela Jabar

"Skema untuk mengurai lajur kendaraan apabila terjadi penumpukan baik di jalur Ciwidey atau Pangalengan, telah dilakukan," kata Kusworo.

Seperti di Ciwidey misalnya, pihaknya telah mengoptimalkan Pos Simpang Tiga Sadu, dan sesuai dengan fungsinya, pos tersebut telah digunakan untuk melakukan koordinasi terkait tindakan mengurai penumpukan kendaraan.

"Semua sudah sesuai skema, penumpukan arah Soreang menuju Ciwidey atau sebaliknya di Simpang Tiga Sadu, petugas kepolisian telah mengarahkan kendaraan dari arah Soreang ke Ciwidey di seputaran Soreang. Setelah dialihkan ke wilayah Soreang, kami juga melakukan sistem one way (satu arah) sepenggal, namun itu dilihat berdasarkan kondisi di lapangan artinya situasional," jelasnya.(*)

Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved