KNPI Kota Bandung Dorong Pembangunan Kota Lewat Kolaborasi, Gubernur Jabar Sarankan Hal Ini

KNPI Kota Bandung Dorong Pembangunan Kota Lewat Kolaborasi, Gubernur Jabar Sarankan Hal Ini

Tribun Jabar/Muhammad Nandri Pilatrama
Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung menggelar panggung kolaborasi di Taman Film, Sabtu (31/12/2022). Agenda tersebut menghadirkan narasumber ternama, seperti Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Ketua Bandung Creative City Forum (BCCF), Adi Panuntun, Ketua Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa, dan Ketua Hipmi Kota Bandung, Ibrahim Imaduddin. 

Laporan Kontributor TribunPriangan.com, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNPRIANGAN.COM, BANDUNG - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bandung menggelar panggung kolaborasi di Taman Film, Sabtu (31/12/2022).

Agenda tersebut menghadirkan narasumber ternama, seperti Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Ketua Bandung Creative City Forum (BCCF), Adi Panuntun, Ketua Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa, dan Ketua Hipmi Kota Bandung, Ibrahim Imaduddin.

Ketua KNPI Kota Bandung, Edwin Khadafi, menyampaikan, pihaknya ingin berdampingan bersama pemerintah Kota Bandung untuk menghadirkan dan menstimulus peran baik warga kota berjumlah 2,5 juta lewat semangat membuat Bandung yang lebih baik.

Baca juga: Liburan Akhir Tahun di Bukit Jamur Ciwidey, Destinasi Wisata Bandung Penuh Spot Selfie Instagramable

Edwin menilai Walikota memiliki sifat yang inklusif dalam pembangunan kota dan KNPI Kota Bandung mendorong semangat tersebut.

Apalagi, menurut Ewdin, terdapat berbagai komunitas terkait yang dapat mendorong hal itu, seperti HIPMI, Kadin, BCCF, dan Karang Taruna.

"Janji pak walikota bakal hadirkan terus co-working space (CWS) yang menjadi isu kreativitas. Sebab, tak selamanya kami harus andalkan APBD dalam pembangunan, melainkan harus bisa sinkronkan lewat pembinaan UMKM yang ada di CWS dan berbagai komunitas/organisasi," ujarnya.

Baca juga: Resep Kupat Tahu Khas Bandung Beserta Bumbu Kacangnya, Kudapan Gurih yang Bikin Nagih

Edwin Khadafi berharap ke depannya Kota Bandung ini dapat menjadi episentrum pendidikan kreatif agar sekolah-sekolah di Bandung memiliki kekhasan modernitas, sehingga membawa Bandung lebih maju dibanding kabupaten/kota lainnya.

"Isu lainnya yang kuat itu isu lingkungan. Kami ingin menggerakkan semua warga. Sebab, kasihan jika kami hanya andalkan pemerintah saja dalam hal ini. Semangat Bandung dalam berkolaborasi ini mendorong semua warga Bandung untuk bersama-sama membangun kota tercinta. Langkah awal yang telah kami lakukan, yaitu dengan mengumpulkan pendamping UKM di Bandung dan pendamping CWS, serta koordinator CWS se-Kota Bandung," katanya.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, dalam kesempatan itu memberikan wejangan kepada para anak muda tentang kesuksesan.

Baca juga: 2 Kasus Pembunuhan di Kabupaten Bandung yang Paling Bikin Geger Selama 2022

Dia mengisahkan, kolong jembatan Pasopati (Taman Film) ini merupakan titik awal dia menjadi Walikota Bandung.

Sebelum menjadi Walikota, Emil sapaan RK menceritakan bahwa dia fokus di BCCF dan memberikan usulan desain penataan kolong jembatan Pasopati dari yang saat ini Taman Jomblo sampai ke Cihampelas.

Namun, ide atau gagasannya itu tak mendapat respons atau balasan oleh pemerintah saat itu.

Baca juga: 6 Tempat Wisata Gratis di Pusat Kota Bandung untuk Isi Liburan Akhir Tahun, Banyak Spot Foto

"Akhirnya saya berpikir enggak bisa nih anak cucu tinggal di tempat yang seperti ini (dahulu). Kan dahulu mah enggak ada trotoarisasi, jurig Asia Afrika, maka berangkat dari kekecewaan itulah saya memilih untuk maju," katanya.

Emil berpesan, hidup harus memiliki imajinasi. Bahkan, katanya, Indonesia pun hadir dari imajinasi Bung Karno.

Baca juga: Modal Persib Bandung yang Perlu Dipertahankan untuk Putaran Kedua Liga 1 Menurut Abdul Aziz

Dia juga menyebutkan setiap pemimpin yang mengurus Kota Bandung tentunya memiliki tantangannya masing-masing.

"Jika saat ini Bandung kembali tak aman, ya jangan hanya andalkan pemerintah. Tapi, mari bersama-sama menjaga kota ini. Jika cinta Bandung mari ikuti prinsip kolaborasi dan cintai Bandung dengan caranya masing-masing," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved