Jelang Natal, Polres Pangandaran Perketat Penjagaan Enam Gereja

Kabag OPS Polres Pangandaran, Kompol Dodi Armansyah menginformasikan bahwa di Pangandaran memiliki enam tempat ibadah bagi umat Kristen.

Editor: ferri amiril
tribunpriangan.com/padna
Suasana saat persiapan perayaan Natal di Gereja GPDI Ekklesia Pangandaran 

Laporan Kontributor TribunPriangan.com Pangandaran, Padna

TRIBUNPRIANGAN.COM, PANGANDARAN - Kabag OPS Polres Pangandaran, Kompol Dodi Armansyah menginformasikan bahwa di Pangandaran memiliki enam tempat ibadah bagi umat Kristen.

Di Kecamatan Pangandaran ada 3 Gereja dan 1 tempat ibadah biasa. Sementara, 2 tempat ibadah lainnya ada di Kecamatan Kalipucang.

"Dan hari ini (23/12/2022), di Gereja GPDI Ekklesia di jalan Perapat Pangandaran yang paling awal melaksanakan rangkaian perayaan Natal," ujar Dodi kepada sejumlah wartawan disela sela tugasnya melakukan pengamanan di halaman gereja GPDI Ekklesia Pangandaran, Jumat (23/12/2022) sore.

Mulai dari ada perintah pimpinan, kata Ia, sebagai antisipasi satu persatu tempat ibadah disambangi.

Sementara, jumlah personel pengamanan pelaksanaan perayaan Natal di Gereja GPDI Ekklesia itu berjumlah 10 personel.

Baca juga: ODGJ di Pangandaran akan Dapat E-KTP, Keuntungannya untuk Ini

"Dan pengamanan ini, gabungan dari Polres Pangandaran, Polsek Pangandaran dan juga dari BKO Samapta Polda Jabar," katanya.

Sebelum perayaan, pihaknya dua kali  melakukan patroli dengan melibatkan BKO dari Pol Airud Polda Jabar.

Selain di Gereja GPDI Ekklesia, pengamanan ketat juga dilaksanakan di gereja-gereja lainnya di Pangandaran. 

"Kita juga bekerjasama dengan security untuk memberikan himbauan kepada  jemaah. Kita, tetap meningkatkan antisipasi dan kewaspadaan sehubungan dengan adanya kejadian yang terjadi kemarin di Bandung," kata Ia. 

Tentu, pihaknya tetap selalu mewaspadai sehingga diharapkan ada kesadaran bersama seperti dengan tidak membawa barang yang patut diduga. 

Baca juga: Nataru, Polsek Libatkan Linmas di Jalur Wisata Pangandaran

"Kita juga harus mewaspadai dan antisipasi. Kebetulan, mereka juga pasti mengenal mana jemaah dan mana bukan jemaah," ucap Dodi.

Tapi, ucap Ia, ada sedikit yang harus diwaspadai karena ada satu tempat ibadah di sini (Pangandaran) yang menampung dari pengunjung atau jemaah dari pengunjung wisata yang sengaja ikut ibadah di sini.

"Makanya, kita buat dua kanal (pintu masuk) yakni, satu untuk jemaah yang sudah tetap dan satu pintu lagi untuk jemaah yang memang pendatang," ujarnya.

"Intinya, pengecekan dalam perayaan Natal di Pangandaran ini kita perketat. Kita akan bersama sama (antisipasi), bahkan kita dibantu dari Jibom (penjinak bom)," katanya.(*)

Baca juga: Libur Akhir Tahun, Berikut 5 Rekomendasi Penginapan Dekat Aquarium Indonesia Pangandaran

 

Sumber: Tribun Priangan
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved