Begini Kronologi Puluhan Warga Ciamis Diduga Keracunan Makanan

Begini Kronologi Puluhan Warga Ciamis Diduga Keracunan Makanan, Ada Anak-anak.

Dok. Camat Cihaurbeuti
Camat Cihaurbeuti saat menjenguk warganya yang keracuanan. Puluhan Warga di Cihaurbeuti Ciamis Diduga Keracunan Usai Menyantap Makanan di Acara Hajatan 

TRIBUNPRIANGAN.COM, CIAMIS – Tercatat sebanyak 36 orang warga Desa Sumberjaya dan Desa Pamokolan Kecamatan Cihaurbeuti, Ciamis, terpaksa dirawat di Puskesmas Cihaurbeuti akibat keracunan makanan, Selasa (20/12/2022)

Mereka mengalami pusing-pusing, mual-mual, muntah, diare dan sakit kepala setelah menyantap hidangan pada acara hajatan pernikahan di Desa Sumberjaya Senin (19/12/2022) siang.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Ciamis, Acep Joni membeberkan kronologi 36 warga Desa Sumberjaya dan Desa Pamokolan mengalami keracunan makanan.

Baca juga: Usai Santap Makanan di Hajatan, Puluhan Warga di Cihaurbeuti Ciamis Diduga Keracunan Massal

Pihaknya mendapatkan laporan warga mengalami gejala keracunan makanan setelah adanya laporan dari kepala dusun Dusun/Desa Pamokolan Cihaurbeuti kepada Puskesmas Cihaurbeuti.

Laporan itu terdapat lima orang warga Dusun Pamokolan RT 28 RW 08 mengalami gejala muntah, diare, dan sakit kepala Senin (19/12/2022) sekitar pukul 14.10 WIB menjelang sore.

Menyusul informasi tersebut, Kepala UPTD Puskesmas Cihaurbeuti bersama bidan desa setempat mendatangani lokasi yang diinformasikan.

Baca juga: Waspada, 8 Orang Meninggal Akibat DBD di Ciamis

Di sana ditemukan tiga orang mengalami gejala yang sama, yakni mual-mual, muntah, diare dan sakit kepala. Ternyata di rumah tetangganya juga ada dua warga yang mengalami yang sama.

Dengan begitu, total ada lima orang yang ditemukan gejala mual-mual, muntah, diare, dan sakit kepala setelah pulang dari hajatan nikah di salah satu dusun di Desa Sumberjaya.

Kemudian informasi berkembang ternyata banyak warga yang mengalami gejala dan keluhan serupa setelah hadir pada acara hajatan di Sumberjaya. Setelah petugas medis, ketua RT, dan kadus melakukan pendataan, ditemukan 14 warga di Dusun Pamokolan yang diduga mengalami keracunan makanan.

Baca juga: Situs Batu Panjang Ciamis, Rekomendasi Wisata Sejarah untuk Liburan Akhir Tahun

Akhirnya mobil ambulance dikerahkan ke lokasi kejadian. Warga yang mengalami keluhan mual, pusing, muntah, dan diare dievakuasi ke Puskesmas Cihaurbeuti untuk dilakukan penanganan, perawatan dan pengobatan. Kejadian serupa juga terjadi di Desa Sumberjaya.

Sampai pukul 18.15 Senin (19/12) petang, tercatat sudah ada 27 warga yang ditangani di Puskesmas Cihaurbeuti dengan gejala diduga keracunan makanan.

27 warga itu lima orang adalah anak-anak terdiri tiga laki-laki dan dua perempuan dengan rentang usia 6 – 11 tahun, 18 orang usia 15-46 tahun dan empat orang usia 50 tahun sampai 78 tahun.

Baca juga: Puncak Bangku Ciamis, Negeri di Atas Awan yang Wajib Dikunjungi saat Liburan Akhir Tahun

Kemudian, 16 orang warga Dusun Pamokolan Desa Pamokolan, 6 orang warga Dusun Nanggela Desa Sumberjaya, seorang warga Dusun Cipeuteuy dan empat warga Dusun Sumberjaya Desa Sumberjaya.

Sampai Senin (19/12) pukul 21.00 WIB ada 30 warga yang dilarikan ke Puskemas Cihaurbeuti karena mengalami keracunan makanan.

Kemudian Selasa (20/12.2022) pagi bertambah enam orang lagi yang masuk ke Puskesmas Cihaurbeuti karena gejala keracunan makanan.

Baca juga: OJK Regional 2 Jawa Barat Kunjungi Wakil Bupati Ciamis Hari Ini, Ada Apa?

“Tapi sampai siang ini tinggal 32 orang yang masih dirawat. Empat orang sudah pulang, karena kondisinya sudah membaik,” ujar Kepala Puskesmas Cihaurbeuti, Usep Kuswara kepada Tribun Selasa (20/12).

Menyusul kejadian diduga keracunan makanan di dua Desa di Cihaurbeuti, Dinkes Ciamis sudah menurunkan dua dokter dan 12 perawat ke lokasi kejadian dan Puskesmas Cihaurbeuti, untuk melakukan penyisiran kasus dan penanganan korban serta pendataan. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved