Kesehatan

Segera Simak, 6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan, Ampuh Atasi Alergi hingga Anti Kanker

6 Khasiat Kunyit Putih yang ampuh untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit yang Sayang untuk Dilewatkan

Instagram.com
Illustrasi Kunyiit (Purih) 

TRIBUNPRIANGAN.COM - Kunyit merupakan salah satu rempah yang termasuk ke dalam keluarga jahe-jahean.

Umumnya kunyit oranye atau kunir lebih dikenal dan diolah menjadi masakan sehari-hari di kalangan masyarakat, namun tahu kah anda ada jenis kunyit lain yang juga sama-sama memiliki khasiat untuk kesehatan.

Kunyit Putih atau Curcuma Zedoaria tumbuh subur di Asia, salah satunya Indonesia, manfaat kunyit putih dari batang hingga akar tanaman ini dapat diolah sebagai obat yang dapat membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan.

Manfaat kunyit putih didapat dari kandungan antioksidan di dalamnya, yang bersifat antikanker, antiradang, antinyeri, juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

Kunyit putih atau sering juga disebut dengan Zedoaria (Curcuma Zedoaria) merupakan jenis tanaman yang hampir semua bagiannya bisa digunakan untuk obat, seperti akar, minyak dan daunnya.

Baca juga: Punya Masalah Saat Datang Bulan? Berikut Sederet Manfaat Kunyit yang Bisa Membantu

Baca juga: Punya Masalah dengan Lambung? Berikut 6 Manfaat Kunyit Hitam yang Diyakini Ampuh Atasi Mag

Tanaman ini adalah asli dari India dan Indonesia, namun juga telah dibudidayakan di Eropa, Amerika Serikat, dan berbagai wilayah Asia lainnya.

Tanaman ini banyak dijumpai di beberapa negara seperti Bangladesh, Sri Lanka, India, Tiongkok, Jepang, Brazil, Nepal, dan Thailand.

Kunyit ini memiliki daging yang lebih lunak dan rasanya sangat mirip dengan jahe, meski meninggalkan jejak rasa pahit di akhir.

Baca juga: Punya Masalah dengan Lambung? Berikut 6 Manfaat Kunyit Hitam, Salah Satunya Diklaim Ampuh Atasi Mag

Kunyit putih saat ini sudah jarang digunakan sebagai bumbu masak dan sering digantikan oleh jahe, namun di beberapa masakan Asia, kunyit ini masih digunakan.

Di Indonesia, bubuk kunyit putih sering ditambahkan ke masakan kari. Di Thailand, irisan kunyit putih digunakan sebagai penyegar rasa salad.

Baca juga: Sering Merasakan Kram Saat Menstruasi? Kunyit Hitam Bisa Jadi Solusi, Segera Simak Begini Caranya

Tanaman ini juga mengandung minyak esensial, pati, dan curcumin, yang mana minyak esensial dari kunyit putih dipercaya dapat mengurangi dampak dari radikal bebas tertentu.

Di India, tanaman ini digunakan secara tradisional untuk pengobatan nyeri menstruasi, maag, muntah, dan kanker.

Berikut ini sejumlah manfaat kunyit putih bagi kesehatan yang dapat di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari :

Ilustrasi Kunyit putih
Kunyit putih (Kompas.com)

1. Antimikroba dan antijamur

Kunyit putih menunjukkan aktivitas antimikroba dan antijamur yang ampuh. Penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak kunyit putih dapat melawan beberapa spesies bakteri yang dapat menyebabkan penyakit, seperti E. coli penyebab banyak gangguan pencernaan seperti diare dan keracunan makanan, serta dan Staphylococcus aureus penyebab bisul, impetigo, selulitis, sepsis, dan osteomielitis.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved