Persib Bandung

Persib vs Persebaya, Legenda Maung Bandung Minta Beckham Cs Makin Disiplin di Setiap Lini

Persib vs Persebaya, Legenda Maung Bandung Minta Beckham Cs Makin Disiplin di Setiap Lini

editor.id
Persib Bandung dan Persebaya Surabaya akan bertempur di Stadion Jatidiri, Semarang, Sabtu (10/12/2022). 

TRIBUNPRIANGAN.COM, BANDUNG - Persib Bandung akan menghadapi tim kuat Persebaya Surabaya dalam lanjutan pekan ke-13 Liga 1 2022/2023.

Laga Persib vs Persebaya akan berlangsung di Stadion Jatidiri, Semarang, pada Sabtu (10/12/2022), dengan kick off 15.00 WIB.

Mantan pemain Persib era 90-an, Sujana, mengingatkan, para punggawa Maung Bandung untuk tidak terlalu larut dalam euforia usai berhasil meraih kemenangan pertama dari Persik Kediri beberapa waktu lalu.

Baca juga: Big Match Persib Bandung vs Persebaya Surabaya, Adu Tajam Penyerang Asing

Sebab menurutnya, Persebaya merupakan lawan tangguh yang memiliki kualitas tim dan individu pemain yang lebih baik dari lawan sebelumnya.

"Kalau melihat permainan Persib kemarin sudah bagus, Luis Milla berhasil membuat kekompakan antar pemain di setiap lininya, semakin baik. Meski begitu, Persib tetap harus waspada terhadap para pemain muda Persebaya. Biasanya bukan hanya tenaga tetapi pasti memiliki motivasi berlipat setiap bertanding," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Jumat (9/12/2022).

Selain lini serang Persebaya yang perlu diwaspadai, kata Sujana, pemain belakang Bajol Ijo, Leo Lelis, harus diantisipasi karena kerap mencetak gol.

Baca juga: Luis Milla Otak-atik Persib Bandung Jelang Laga Persebaya Surabaya, Ini Posisi Baru Frets Butuan

Bahkan kata Sujana, Leo Lelis pernah membobol gawang Persib kala Piala Presiden 2022 di Stadion GBLA beberapa bulan yang lalu.

"Intinya pemain belakang kita harus disiplin, apalagi di daerah sepertiga lapangan. Seharusnya sudah enggak ada lagi pemain lawan yang berdiri bebas (tanpa kawalan), harus terapkan man to man marking di titik itu," ucapnya.

"Apalagi gol-gol yang terjadi ke gawang Persib selama ini bukan lagi dari tengah, tapi dari samping lapangan. Karena biasanya pemain belakang tidak lihat posisi lawan, tapi hanya lihat bola. Begitu ada lawan yang bebas, akan langsung membahayakan kiper. Inilah yang harus diperhatikan Persib," ujar pria yang akrab disapa Sujagol ini.

Pelatih Persib Bandung Luis Milla (tengah) memberikan arahan kepada pemain di sela-sela latihan di Stadion Sidolig, Bandung, Rabu (30/11/2022).
Pelatih Persib Bandung Luis Milla (tengah) memberikan arahan kepada pemain di sela-sela latihan di Stadion Sidolig, Bandung, Rabu (30/11/2022). (Tribun Jabar)

Dirinya meminta agar transisi para pemain dari posisi menyerang ke bertahan harus lebih ditingkatkan.

Terlebih, menurut Sujagol, Persebaya memiliki transisi yang bagus baik dari skema menyerang ke bertahan ataupun sebaiknya.

Sehingga saat Persebaya berhasil merebut atau kehilangan bola, seluruh pemainnya akan kompak untuk menutup lubang atau mencari posisi guna melakukan serangan balik.

Baca juga: Head to Head Persib Bandung vs Persebaya Surabaya, Jadi Ajang Reuni David da Silva

Menurutnya pertandingan nanti sore akan berlangsung alot dan penuh gengsi, apalagi para pemain kedua tim masih perlu beradaptasi dengan kompetisi yang baru bergulir kembali.

"Artinya tim yang memiliki kesiapan lebih, baik itu fisik maupun mental, mereka lah yang akan bisa memenangkan pertandingan. Apalagi, kunci permainan itu ada di tengah lapangan atau pemain gelandang. Kalau lini tengah udah bisa dikuasai, maka 75-80 persen kita akan bisa mengatur jalannya pertandingan, bahkan meraih kemenangan," katanya. (*)

(Laporan wartawan Tribunjabar.id, Cipta Permana)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved