306 Warga Lansia di Kabupaten Tasikmalaya Terima Bantuan RST, Kebanyakan Hidup Sendiri

Sebanyak 306 warga lanjut usia (lansia) di beberapa kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya menerima bantuan program Rumah Sejahtera Terpadu

Penulis: Aldi M Perdana | Editor: Machmud Mubarok
Istimewa
Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tasikmalaya telah menyalurkan bantuan program Rumah Sejahtera Terpadu (RST) kepada 306 warga lanjut usia (lansia) di beberapa kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya selama tiga hari belakangan ini. 

Laporan Wartawan TribunPriangan.com, Aldi M. Perdana

TRIBUNPRIANGAN.COM, KABUPATEN TASIKMALAYA - Sebanyak 306 warga lanjut usia (lansia) di beberapa kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya menerima bantuan program Rumah Sejahtera Terpadu (RST).

Rata-rata lansia yang menerima bantuan diketahui tidak memiliki pasangan hidup. Mereka juga hidup seorang diri dan menghuni rumah yang kurang layak.

"Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan rata-rata 10 bantuan per kecamatan untuk rumah tidak layak huni yang ditempati lansia. Bantuan itu untuk membangun rumahnya," ujar Kepala Dinas Sosial Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DSPPKBPPPA) Kabupaten Tasikmalaya  Dadan Wardana kepada TribunPriangan.com pada Jumat (9/12/2022).

Baca juga: Resmi! Ini Besaran UMK Kabupaten Tasikmalaya 2023 Setelah Naik 7,44 Persen

Menurut Dadan, besaran bantuan per penerima mencapai Rp 20 juta. Dadan mengatakan, Dinas Sosial juga melibatkan PKH (Program Keluarga Harapan) dan TKSK (Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan) sebagai pendamping di lapangan, guna membantu dan memastikan pembangunan rumah para lansia tersebut berjalan dengan baik.

“Untuk pengawasan terkait bantuan ini, saya mohon juga kepada para pemangku kepentingan di tingkat kecamatan dan desa supaya memantau pelaksanaan program ini,” sambung Dadan.

Diketahui, bantuan tersebut merupakan respons DSPPKBPPPA terhadap program RST yang tengah dilaksanakan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) saat ini. (*)

 

 

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved