Garut Festival 2022

Pengamat Ekonomi Unpas Nilai Perhelatan Garut Festival 2022 Bagus untuk Pasarkan Produk IKM

Pengamat Ekonomi Unpas Nilai Perhelatan Garut Festival 2022 Bagus untuk Pasarkan Produk IKM

Penulis: Nappisah | Editor: Gelar Aldi Sugiara
Tribun Jabar/Nappisah
Pengamat Ekonomi Unpas, Acuviarta Kartabi 

TRIBUNPRIANGAN.COM, GARUT - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut, menggelar Garut Festival (G-Fest) 2022 sejak 8 sampai 10 Desember 2022.

Pengamat Ekonomi Universitas Pasundan, Acuviarta Kartabi mengapresisasi Garut Festival (G-Fest) 2022 sebab dalam penyelenggaraan G-Fest 2022, akan ada inkubasi buat para IKM dan Start Up Digital di Garut.

"Garut terkenal dengan IKM yang memiliki karakteristik sendiri. Ketika ada Garut Festival (G-Fest) 2022 itu sangat bagus, tidak hanya sekedar festival tapi mampu memasarkan produk ke luar Garut," ujar Acuviarta.

Baca juga: Olahan Cabai dari Eptilu Akan Hadir di Garut Festival 2022, UMKM Garut Go Internasional

Tak hanya untuk menumbuhkan perekonomian daerah Garut setelah pandemi, acara ini juga merupakan ajang mempromosikan produk selaras dengan tema 'Karya Garut Mendunia'.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan, produk unggulan yang hadir di Garut Festival 2022 merupakan produk yang kelak akan mengharumkan nama baik Indonesia di pasar internasional.

"Festival ini bisa menjembatani kebutuhan modal para pelaku usaha dengan perbankan atau permodalan," ujar Acuviarta.

Baca juga: Sugarindo Leather Goods Akan Hadir di Garut Festival 2022, Fesyen Kulit Siap Go Internasional

Acuviarta menuturkan, Garut Festival (G-Fest) 2022 tak hanya menumbuhkan potensi ekonomi, dapat menjadi hiburan untuk masyarakat yang berkunjung.

"Garut itu udah punya potensi, hanya terkendala jalur transportasi, Garut ke depan akan terus berkembang jalur transportasi tol Gedebage, Tasikmalaya dan Cilacap (Getaci)," katanya.

Para pelaku IKM yang terlibat dalam G-Fest 2022 akan dilibatkan dalam pelaksanaan eksibisi IKM dan Startup sekaligus investor matching dan bisnis matching.

Baca juga: Baju Kucing dari Bukipet Akan Tampil di Acara Garut Festival 2022, UMKM Lokal yang Sudah Mendunia

Investor yang dipastikan akan hadir dalam Garut Festival (G-Fest) 2022 berasal dari Kenya dan Nigeria.

"Produk yang ditawarkan harus sesuai dengan selera para investor, mendatangkan investor luar dari Afrika itu bagus sekali," ujar Acuviarta.

Garut Festival (G-Fest) 2022 membangun konektivitas dengan perguruan tinggi, yakni Universitas Telkom dengan para pelaku IKM mendaftarkan diri melalui tautan yang telah dibuat oleh Telkom University.

"Festival tersebut harus dijadikan agenda rutin, dengan melibatkan lebih banyak orang dan digencarkan promosinya agar yang datang bukan hanya dari Garut tapi masyarakat luar kota, semakin banyak kunjungan maka akan lebih bagus," pungkasnya. (*)

(Laporan Wartawan TribunJabar, Nappisah)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved