Garut Festival 2022

Usung Tagline Karya Garut Mendunia, Bupati Garut Ajak Semua Pihak Terlibat dalam G-Fest 2022

Rangkaian kegiatan Garut Festival (G-Fest) yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Desember hingga 10 Desember 2022 mendatang

TribunJabar.id/Sidqi Al Ghifari
Bupati Garut Rudy Gunawan memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian gempa bumi Magnitudo 6.4 yang mengguncang Garut, Sabtu (4/12/2022). 

TRIBUNPRIANGAN.COM, GARUT - Rangkaian kegiatan Garut Festival (G-Fest) yang akan dilaksanakan pada tanggal 8 Desember hingga 10 Desember 2022 mendatang akan dimeriahkan dengan fashion show Peragaan Busana Batik Garutan dan Kabaya Sunda dengan melibatkan seluruh dinas, badan, dan kecamatan.

Bupati Garut Rudy Gunawan, memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Garut Festival (G-Fest) 2022 yang dilaksanakan di Ruang Pamengkang, Kabupaten Garut, Selasa (15/11/2022) menyampaikan, jika G-Fest 2022 ini mengusung tagline "Karya Garut Mendunia".

Untuk itu, Ia mengajak semua pihak untuk berpartisipasi di acara yang rencananya akan dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia (RI) Tito Karnavian.

"Tentu kita ingin ada partisipasi dari semua pihak, kalangan swasta, kalangan perbankan, juga kalangan-kalangan pariwisata, karena ini acara yang spektakuler, insyaallah dibuka oleh Bapak Menteri Dalam Negeri, dan ini adalah kekuatan besar dari UKM Garut numplek di Pendopo, di sekitar Alun-Alun Garut, G-Fest (dilaksanakan) Desember tanggal 9,10,11 tahun 2022. Ayo dukung dan tentu berpartisipasi, G-Fest 2022 karya Garut mendunia, mantap," katanya.

Baca juga: Band VAGETOZ Asal Sukabumi Siap Meriahkan Garut Festival 2022, Catat Tanggalnya Ya!

Baca juga: Festival Terbesar di Garut Segera Dibuka 8 hingga 9 Desember, Hadirkan Karya Garut yang Mendunia

Ia menuturkan para pelaku usaha di Garut akan berkumpul di Alun-alun Garut dan kawasan Pendopo, hal tersebut menurutnya akan menjadi gelaran acara yang besar yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Garut, yang merupakan salah satu wadah dalam menyongsong pertumbuhan ekonomi khususnya di Kabupaten Garut pasca Pandemi Covid-19.

"Acara ini juga akan dilaksanakan setiap tahun, masyarakat akan tumplek di acara spektakuler ini di Pendopo dan di sekitar Alun-alun," ungkapnya.

Baca juga: Bakso Aci Sami Raos Akan Hadir di Garut Festival 2022, Bisnisnya Sudah Go Internasional

Sekretaris Dinas Perindustrian Perdagangan Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Garut juga selaku Ketua Pelaksana G-Fest 2022 Ridwan Effendi menuturkan, jika dalam rakor ini dirinya mempresentasikan persiapan G-Fest kepada Bupati dan para kepala perangkat daerah yang hadir dalam rakor ini.

"Pada kesempatan presentasi barusan kami sampaikan persiapan yang sudah kami lakukan, dan tahapannya sudah dimulai go to g-fest, itu dari mulai inkubasi bisnis bagi para peserta IKM (Industri Kecil Menengah) dan start up teknologi di Kabupaten Garut, dan untuk kick off nya dilakukan secara langsung oleh Pak Bupati Garut, dan nanti dilanjutkan untuk festivalnya di bulan Desember," ucapnya.

Baca juga: Kerajinan Akar Wangi dari Zocha Graha Kriya Akan Memeriahkan Garut Festival 2022

Ridwan juga menambahkan, dalam festival nanti, pihaknya akan mengangkat beberapa tema besar, salah satunya adalah mempresentasikan para peserta inkubasi bisnis yang akan dilakukan investor matching.

"Kemudian juga akan dilaksanakan festival kopi, ini akan menghadirkan para barista-barista ternama di Kabupaten Garut, dan kemudian juga akan kompetisikan ya dan juga akan ada tenant khusus untuk kopi-kopi kebanggaan Kabupaten Garut, yang kami akan mempresentasikan dan menyuguhkan untuk kepentingan dan juga promosi di tingkat nasional dan juga global (internasional)," ujarnya.

Ia berharap penyelenggaraan G-Fest ini bisa menjadi salah satu trigger percepatan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Garut.

"Dan juga ini menjadi salah satu upaya menguatkan sinergi kolaborasi multi stakeholder, baik itu pemerintah kemudian dunia usaha, masyarakat, dan tentu saja berbagai kalangan yang dapat terlibat dan dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini," katanya.

Baca juga: Bupati Garut Bahas Isu Perlindungan Perempuan dalam Kemajuan Ekonomi di Forum W20

General Manager (GM) Business Tribun Jabar Rahmi Kaysa Syahrini mengungkapkan, jika pihaknya dalam hal ini Tribun Network dipercaya oleh Disperindag ESDM Garut sebagai event organizer (EO) untuk menyelenggarakan G-Fest 2022 yang rencananya akan berlangsung tanggal 9-11 Desember 2022.

Ia menilai dengan penunjukan ini, menjadi challenge tersendiri bagi pihaknya, terlebih Tribun Network sangat ingin berkolaborasi dalam pelaksanaan G-Fest 2022 ini.

"Dalam hal ini kami bukan (saja) sebagai media partner, tapi kami juga meng organize, serta kami juga mempublikasikan kegiatan Garut ini, tentunya bukan hanya saja disaksikan oleh masyarakat Kabupaten Garut, tapi harapan kami adalah nanti pada saat kegiatan berlangsung, kami akan lakukan live streaming tentunya di platform YouTube kami, dan akan kami minta bantu relay kepada Tribun Network yang tentunya jaringannya sampai saat ini sudah ada 66 se-nasional," ucapnya.

Turut hadir Asda 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Teti Sarifeni, Kepala BPKAD Zat Zat Munazat, Kepala BKD Jajat Darajat, Inspektur Daerah Toni Tisna Somantri dan Staf Ahli Bupati Garut.(*)

Sumber : humaspemkab.Garut dan TribunJabar.id

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved