Kesehatan

Percaya Atau Tidak, Kunyit Dapat Mengatasi Kerusakan Hati Akibat Penggunaan Obat Jangka Panjang Loh

Manfaat Kunyit dapat mengatasi kerusakan liver atau hati, yang biasanya fungsi liver dapat menjadi rusak karena penggunaan obat-obatan

Kompas.com
Ilustrasi kunyit.(14031857) 

TRIBUNPRIANGAN.COM - Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang umum digunakan masyarakat, terkhusus di wilayah Asia.

Dengan menambahkan kunyit, masakan menjadi berwarna kuning dan memiliki rasa khas.

Selain dapat mempercantik tampilan masakan, ternyata kunyit juga mengandung zat yang bermanfaat bagi kesehatan. Beberapa kandungan dalam kunyit di antaranya protein, potassium, antioksidan, dan vitamin C.

Baca juga: Benarkah Kunyit Dapat Mencegah Kambuhnya Penyakit Jantung Koroner? Simak Ini Faktanya

Baca juga: Manfaat Kunyit Dapat Membantu Mempercepat Penyembuhan Luka

Tanaman kunyit berasal dari Asia Tenggara. Kunyit merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk dalam famili Zingiberaceae yang mempunyai batang semu yang dibentuk dari pelepah daun-daunnya.

Bagian utama tanaman kunyit adalah rimpangnya yang merupakan tempat tumbuhnya tunas, dengan senyawa utama yang terkandung dalam rimpang kunyit adalah kurkuminoid danminyak atsiri. 

Baca juga: Sederet Manfaat Kunyit untuk Penderita Alzheimer Lanjut Usia

Kunyit mempunyai khasiat sebagai jamu dan obat tradisional, senyawa yang terkandung dalam kunyit (kurkumin dan minyak atsiri) mempunyai peranan sebagai antioksidan, antitumor, antikanker, antimikroba, antiracun. 

Secara tradisional kunyit digunakan oleh masyarakat di berbagai negara untuk mengobati penyakit seperti penyakit yang disebabkan oleh mikroba parasit, gigitan serangga, cacar, sakit perut (diare, sembelit, kembung), gangguan pencernaan, gangguan hati, gangguan asma, menghilangkan gatal, menghilangkan penyakit kulit, dan mengurangi rasa nyeri. 

Mengutip Medical News Today, kunyit yang kaya akan antioksidan dapat mengatasi kerusakan liver atau hati, yang biasanya fungsi liver dapat menjadi rusak karena penggunaan obat-obatan keras seperti yang dikonsumsi penderita diabetes dalam jangka panjang.

Baca juga: 8 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Nomor 7 Direkomendasikan untuk Penghambatan Sel Kanker

Dengan mengonsumsi kunyit, maka dapat meminimalisir kemungkinan kerusakan yang terjadi pada liver.

Mengetahui manfaat kunyit untuk kesehatan seperti yang telah dijelaskan, ada baiknya kamu lebih memperhatikan lagi kesehatan tubuh dan asupan makananmu.

manfaat kunyit bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi larutan kunyit secara rutin.

Ada baiknya, kamu selalu sedia kunyit di rumah sebagai bentuk antisipasi dan cara awal mengatasi berbagai penyakit.

Selain itu,Kunyit juga bisa langsung dibeli dalam bentuk  jamu dengan kandungan kunyit di dalamnya agar tidak perlu repot lagi memasak kunyit dan membuatnya menjadi jamu.(*)

Sumber: Kompas
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved